Sukses

Hari AIDS Sedunia, Kenali Tanda dan Gejala HIV Lebih Dini

Hari AIDS sedunia yang selalu diperingati pada 1 Desember menjadi alarm peningkat kewaspadaan untuk mencegah dan mendeteksi dini HIV/AIDS.

Liputan6.com, Jakarta Hari AIDS sedunia yang selalu diperingati pada 1 Desember selalu menjadi alarm bagi semua orang untuk mencegah dan mendeteksi dini HIV/AIDS.

Masalahnya, produsen kondom, DKT Indonesia mencatat, gejala dan tanda-tanda tidak muncul dalam beberapa bulan, bahkan beberapa tahun setelah orang terinfeksi.

Namun ada beberapa gejala khas yang bisa dialami seperti:

- Pembengkakan kelenjar leher dan ketiak

- Sering demam atau berkeringat malam

- Batuk atau mencret berkelanjutan

- Rasa lelah yang tidak diketahui penyebabnya

- Lapisan putih pada lidan dan kehilangan berat badan secara tiba-tiba dan drastis

Gejala tersebut tampak sama seperti gejala berbagai penyakit lain. Namun pada infeksi HIV, gejala tersebut lebih berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantas, bagaimana cara mengetahui Anda terinfeksi HIV?

Cara satu-satunya adalah tes antibodi HIV, yaitu tes darah khusus. Darah dites untuk mengidentifikasi antibodi HIV.

Antibodi HIV membutuhkan waktu 6 bulan untuk menunjukkan reaksi. Bila Anda terlibat kegiatan penuh risiko dalam enam bulan sebelum menjalani tes, Anda perlu menjalani tes lahi enam bulan kemudian, walaupun tes pertama negatif.

Sebelum Anda menjalani tes HIV, jangan lupa berbicara dengan konselor terlatih atau dokter. Penting sekali bagi Anda untuk memahami hasil tes dan langkah-langkah yang perlu Anda tempuh.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.