Sukses

Pentingnya Keseimbangan Nutrisi untuk Bayi Usia 6-24 Bulan

Liputan6.com, Jakarta Pada usia 0-6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi masih bisa terpenuhi dari ASI. Setelah lewat usia tersebut terutama 6-24 bulan, kecukupan nutrisinya tak cukup dari ASI saja melainkan perlu dilengkapi dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Makanan pendamping ASI yang diberikan pada bayi haruslah bervariasi dan bernutrisi seimbang. Karena setiap makanan memiliki nutrisi dan manfaat masing-masing yang dibutuhkan oleh bayi.

Bila anak usia 6-24 bulan kurang mendapat asupan nutrisi seimbang, dikhawatirkan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikologis anak akan terhambat. Misalnya, bayi kegemukan, terlalu kurus, pertumbuhan terhambat (gigi, tulang).

Karena setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh memiliki fungsi sendiri-sendiri, pastikan bayi usia 6-24 bulan mendapatkan nutrisi seimbang sebagai berikut :

1. Protein

Protein berfungsi untuk membentuk sel-sel baru yang akan menunjang proses pertumbuhan seluruh organ tubuh, juga pertumbuhan, dan perkembangan otak anak.

2. Magnesium

Nutrisi ini berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat, irama jantung stabil, otot dan fungsi saraf serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Kalsium

Kalsium penting dalam pembentukan tulang dan gigi, kontraksi dalam otot, membantu penyerapan vitamin B12 (untuk mencegah anemia dan membantu membentuk sel darah merah).

4. Kalium

Nutrisi ini bersama natrium akan berfungsi mengontrol keseimbangan cairan di tubuh, menjaga tekanan darah, fungsi otot dan mengurangi risiko batu ginjal serta osteoporosis.

5. Zinc (seng)

Zinc diperlukan untuk pertumbuhan, fungsi otak, yang memengaruhi respons tingkah laku dan emosi anak.

Pentingnya Keseimbangan Nutrisi untuk Bayi Usia 6-24 Bulan

6. Vitamin A

Vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan dan pertumbuhan tulang, melindungi tubuh dari infeksi, meningkatkan pertumbuhan sel dan jaringan.

7. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu memperbaiki dan membentuk sel-sel darah merah, tulang dan jaringan, menjaga gusi anak dan memperkuat pembuluh darah, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

8. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap mineral seperti kalsium dan membangun gigi serta tulang yang kuat, berperan dalam pengaturan sel dan produksi insulin.

9. Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk membatasi produksi radikal bebas yang bisa merusak sel, memperbaiki DNA dan proses metabolisme lainnya.

10. Yodium

Yodium berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh sehingga tak mengalami hambatan seperti kerdil/kretinisme, berperan dalam proses metabolisme tubuh, mengubah karoten yang terdapat dalam makanan menjadi vitamin A.

11. Zat besi

Zat besi diperlukan untuk pertumbuhan fisik dan mempengaruhi penggunaan energi yang diperlukan tubuh, pembentukan sel darah yang membantu proses penyebaran zat gizi serta oksigen ke seluruh organ tubuh.

Tahukah Ibu, 1 dari 4 balita di Indonesia menderita anemia. Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi, dampak kekurangan zat besi pada si kecil diantaranya adalah si kecil rentan terhadap infeksi, memiliki kemampuan berpikir rendah, perkembangan motorik dan psikologis terhambat. Hal ini dapat menggangu prestasi akademisnya nanti di usia sekolah.

Maka setelah 6 bulan, hampir 98 % zat besi harus dipenuhi dari MPASI. Oleh karena itu, bayi membutuhkan makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi sesuai kebutuhan diantaranya hati ayam, daging sapi dan bayam.

Ibu juga dapat melengkapi kebutuhan zat besi si kecil dengan NESTLÉ CERELAC. Kini dengan formula baru, NESTLÉ CERELAC dengan IRON+ yang tinggi zat besi untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian si kecil. Beragam varian NESTLÉ CERELAC akan membuat si kecil suka dan tidak bosan.

NESTLÉ CERELAC

Kunjungi juga www.rumahnutrisinestle.co.id/iron-calculator untuk mengetahui jumlah kebutuhan nutrisi si kecil. Lakukan tes dan share hasilnya, Ibu bisa dapatkan voucher belanja.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.