Sukses

5 Penyebab Utama Kentut Terus-terusan Dengan Bau Kian Membusuk

Kentut adalah hal alami yang dilakukan setiap orang. Namun jika kentut Anda tiba-tiba jadi lebih bau, bisa jadi salah satu dari lima hal ini

Liputan6.com, Jakarta Kentut adalah proses alami tubuh mengeluarkan gas yang dialami manusia setiap harinya. Namun jika kentut dikeluarkan secara terus-menerus tiada henti danjuga  ketidaksedapan aromanya kian memburuk, maka berarti ada yang salah dengan perut. 

Pasalnya kentut yang semakin bau dan sering dikeluarkan akan menimbulkan rasa malu, apalagi jika terjadi di lokasi publik dan pusat keramaian lainnya.

Jika kentut Anda tiba-tiba jadi lebih bau, mungkin salah satu dari lima hal ini bisa menjadi penyebabnya, seperti yang dilansir dari Womeshealthmag, Kamis (1/11/2016):

1. Minuman soda

Mengonsumsi mnuman berkarbonasi dapat menyebabkan udara terperangkap di usus besar, sehingga bisa menyebabkan kentut berlebihan. “Jika tak ingin alami kentut terus-menerus, lebih baik kurangi minuman soda, dan jika Anda bisa, keluarkan angin tersebut melalui sendawa,” ujar dokter pengobatan osteopati, pencernaan, dan perofesor klinis kedokteran di NYU Langone Medical Center, Lisa Ganjhu.

2. Makanan manis

“Tubuh Anda tidak bisa mencerna gula faux seperti sorbitol atau zylitol (pemanis yang ditemukan dalam berbagai jenis pemen karet bebas gula), sehingga mereka bisa menetap di dalam usus dan berfementasi, lalu membuat Anda kentut-kentut,” ungkap Ganjhu.

Ia juga menambahkan,”Selain itu gula alami juga bisa membuat Anda sering kentut, terutama fruktosa (gula dalam buah), karena beberapa orang tidak memiliki enzim yang dibutuhkan untuk memecah mereka. Sehingga mengurangi makan yang manis-manis akan membantu meringankan hal ini.”

3. Salad

"Walaupun sayuran seperti kale, kubis, dan brokoli sangat sehat, tapi mereka mengandung karbohidrat yang membuat mereka jadi sulit dicerna. Jadi ketika mereka menetap dalam usus Anda, mereka akan menghasilkan gas dan membuat Anda kentut. Meminum tablet enzim seperti Beano sebelum makan, dapat membantu membatasi efek ini," tambahnya.

4. Stres

“Usus dan emosi sangat terhubung oleh jaringan saraf dan neurotransmitter, dimana para ilmuwan menjulukinya sebagai “otak kedua”. Jadi jika pikiran Anda bermasalah, ini akan memberikan efek pada usus dan membuat Anda pun sering kentut. Coba lakukan teknik seperti meditasi yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda,” katanya.

5. Susu 

“Intoleransi laktosa dapat muncul sering bertambahnya usia, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa perut Anda tidak sekuat dulu ketika meminum susu dan eskrim. Jadi, coba hindari semua produk susu selama beberapa hari dan batasi konsumsinya,” ujar Ganjhu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.