Sukses

Selain Hilangkan Pegal, Pijat Refleksi Punya Manfaat Lain

Pijat refleksi punya manfaat lain yang bagus untuk tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, tuntutan kerja di kantor kerap membuat stres. Tak jarang, Anda harus berjam-jam di depan layar komputer untuk menyelesaikan pekerjaan. Rasa pegal yang tak tertahankan pasti menyerang. Untuk menghilangkan rasa stres dan pegal, Anda bisa melakukan pijat refleksi.

Pijat refleksi menitikberatkan titik-titik saraf utama yang akan dipijat. Titik-titik refleksi yang dipijat akan berpengaruh pada tubuh Anda.

Menurut Firmanudin, terapis di Kokuo Reflexology, FX Sudirman, Jakarta, pijat refleksi tak hanya menghilangkan pegal saja, melainkan membuat badan lebih sehat.

"Titik refleksi saraf yang dipijat di telapak kaki akan berpengaruh ke kepala, lambung, ginjal, dan pencernaan lainnya. Intinya, berpengaruh ke segala badan," kata Firman, panggilan akrabnya saat ditemui Health-Liputan6.com di tempat kerjanya, Rabu (30/11/2016).

Firman menambahkan, pijat refleksi juga menghilangkan rasa ketidaknyamanan di bagian pencernaan, terutama perut.

Sepanjang melayani pasien, Firman lebih banyak menerima pasien yang mengeluhkan ketidaknyamanan perut, seperti sakit perut.  

"Yang paling utama, pijat refleksi mengurangi saraf yang tegang. Saraf jadi lebih longgar. Badan pasien jadi lebih enak rasanya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini