Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Terungkap, Alasan Pria Alami Ereksi Saat Bangun Tidur Pagi Hari

Ereksi saat bangun tidur di pagi hari terbilang umum terjadi pada pria.

Liputan6.com, Australia Ereksi biasa terjadi saat pria bangun tidur. Bagi Anda yang mengalami hal ini mungkin dianggap memalukan. Namun penelitian terbaru mengungkapkan, alasan mengejutkan pria mengalami ereksi  setelah mereka bangun tidur di pagi hari.

Sergio Diez Alvarez, Direktur bagian Kedokteran di University of Newcastle, Australia mengatakan, ereksi yang terjadi secara medis ini dikenal nocturnal penile tumescence (ereksi penis nokturnal). Ereksi penis nokturnal terjadi selama Rapid Eye Movement (REM) tidur dalam keadaan bermimpi.

Otak yang merangsang saraf parasimpatis menekan saraf simpatis dan peredam daerah penghasil serotonin (hormon mood/perasaan). Selama tidur, ada pergeseran dalam sistem REM yang diaktifkan. Pergeseran keseimbangan mendorong respon saraf parasimpatik yang menghasilkan ereksi.

Laki-laki tidak dapat merasakan pergeseran saraf. Ereksi nokturnal terjadi spontanitas. Faktor lainnya, para pria yang ereksi ketika bangun tidur, hormon testoteron meningkat pada pagi hari. Hal yang menarik, dampak hormon testosteron memengaruhi ereksi.

Dalam siklus waktu tidur semalam, laki-laki mampu mencapai lima kali ereksi per malam, yang dapat bertahan hingga 20 menit atau 30 menit. Tapi hal ini sangat tergantung pada kualitas tidur. Jumlah dan kualitas ereksi menurun secara bertahap seiring usia, menurut laporan dari laman Mail Online, Selasa (29/11/2016).

Studi yang dilakukan memang masih perlu dikaji secara mendalam. Peneliti masih bergelut menemukan jawaban terkait peningkatan oksigen dalam penis di malam hari bermanfaat untuk kesehatan jaringan otot yang membentuk penis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi

Bagi pria yang tidak pernah mengalami ereksi nokturnal menjadi gejala berbahaya. Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Hal ini dikarenakan pria yang tidak alami ereksi nokturnal akan memengaruhi fungsi ereksi.

Contoh kasus terjadi pada penderita diabetes. Mereka sulit mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari.

Ereksi nokturnal ternyatan aman bagi kesehatan pria

Potensi alami disfungsi ereksi begitu besar karena saraf untuk ereksi tengah bermasalah dan suplai darah ke penis berkurang.

Ereksi nokturnal menjadi penanda kemampuan anatomi tubuh laki-laki untuk mendapatkan ereksi normal. Pria tidak akan kesulitan ereksi saat terjaga.

3 dari 3 halaman

Aman dialami pria

Aman dialami pria

Hasil studi lainnya menemukan, gangguan kesehatan mental terjadi bila pria tidak mengalami ereksi nokturnal seperti depresi akut. Frekuensi ereksi pada pagi hari dan kualitas ereksi membuktikan pria yang sebelumnya minum obat ereksi dapat sembuh.

Ereksi nokturnal secara intens akan menyembuhkan pria yang mengonsumsi obat ereksi. Ereksi noktrunal mengembalikan ereksi normal pria.

Sebagian besar pria mengaku tidak terangsang ketika mereka tidur dan tidak sadar mereka mengalami ereksi.

Ereksi nokturnal terjadi saat pria tidur dalam keadaan bermimpi

Ereksi nokturnal bisa menjadi kabar baik bagi pria. Sebab selain menyehatkan jantung, ereksi di pagi hari ini juga mampu mempertahankan gaya hidup sehat.

Pola makan dan makanan yang dikonsumsi dinilai penting untuk  menghindari terjadinya disfungsi ereksi. Selain itu, makanan sehat, menjaga berat badan, olahraga  rutin, menghindari merokok, dan konsumsi alkohol akan membuat pria mengalami ereksi normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.