Sukses

Anda Bisa Tebak Warna dan Angka Favorit Orang dengan Cara Ini

Yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan satu warna yang indah dan salah satu angka dari satu hingga 10.

Liputan6.com, Jakarta Tebakan itu selalu menarik. Apalagi bila Anda bisa menebak jawaban orang lain dengan benar. Seperti yang dilakukan para ilmuwan dalam hal menebak warna dan Angka favorit.

Coba saja kalau tidak percaya. Sekarang, yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan satu warna yang indah dan salah satu angka dari satu hingga 10.

foto: Shutterstock

Jika sudah, jawabannya mungkin akan kebanyakan biru dan tujuh. Benar, bukan?

Bila jawaban ini benar, ini bukan berarti semua orang memiliki ilmu hitam. Namun percaya atau tidak, ini adalah fenomena psikologis. Dan fenomena "biru dan tujuh" ini sebenarnya sudah diteliti sejak tahun 70-an, menurut ScienceAlert.

Meski cukup aneh, namun peneliti Miho Saito mengatakan, orang-orang cenderung akan memilih biru dan tujuh ketika diminta untuk memilih secara acak.

Merah biasanya jadi warna favorit kedua. Sedangkan putih jadi banyak pilihan pada orang kulit putih di Asia Timur. Di sisi lain, Anda perlu tahu, secara psikologis orang akan memilih angka ganjil seperti satu, tiga, lima, tujuh.

Dalam hal ini, peneliti tidak mengetahui pasti penyebabnya. Namun pada tinjauan literatur pada 2015, Saito menulis bahwa ketika orang ditanya warna kesukaannya, mereka cenderung menjawab dengan warna dan angka yang menyenangkan, indah, dan terang.

Bahkan pada beberapa orang, warna dan angka seringkali dikaitkan dengan makna budaya tertentu. Seperti misalnya, pria mengatakan mereka memilih angka satu, karena mereka ingin menjadi nomor satu. Dan putih yang dihubungkan dengan kesucian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.