Sukses

Sering Lelah dan Kembung? Waspadai Gejala Penyakit Lever

Merasa lelah atau kembung akhir-akhir ini? Jangan abaikan tanda-tanda penyakit lever yang harus Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Merasa lelah atau kembung akhir-akhir ini? Jangan abaikan tanda-tanda penyakit lever atau hati yang harus Anda ketahui.

Seperti dilansir Daily Star, penyakit lever merupakan salah satu penyebab kematian yang terus meningkat setiap tahun, menurut British Liver Trust. Penyakit lever juga juga merupakan pembunuh terbesar kelima di Inggris setelah penyakit jantung, kanker, stroke dan gangguan pernapasan.

Lever merupakan organ penting karena melindungi semua jaringan Anda dari kerusakan dengan menyaring racun dari aliran darah Anda. Bahkan, lever dapat memperbaiki dan meregenerasi jaringan sendiri rusak.

Namun, dalam beberapa kondisi, lever bisa mengalami kerusakan permanen dan dalam kasus ini, diagnosis dini dan pengobatan cepat dapat mencegah kematian.

Berikut ini tanda-tanda penyakit lever yang perlu Anda ketahui:

1. Perut bengkak

Perut bengkak bisa menjadi tanda dari asites (pengumpulan cairan di dalam rongga perut). Asites cenderung terjadi pada sirosis, terutama yang diisebabkan oleh terlalu banyak konsumsi alkohol. Asites juga bisa terjadi pada penyakit non-hati, seperti kanker, gagal jantung, gagal ginjal dan tuberkulosis. 

Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan protein dan senyawa lainnya dan cairan menumpuk di jaringan menyebabkan kerusakan hati.

2. Lebam

Mudah memar bisa menjadi tanda bahwa hati Anda tidak bekerja dengan baik. Hati yang rusak menghasilkan lebih sedikit protein yang diperlukan untuk pembekuan darah, yang berarti Anda dapat mudah berdarah dan lebam.

3. Kelelahan

Mudah untuk menyalahkan rutinitas yang padat. Namun jika Anda terus-menerus merasa lelah, itu bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius. Kelelahan kronis bisa menunjukkan kadar oksigen darah yang rendah dan akumulasi limbah pada hati.

4. Sakit perut

Sirosis adalah jaringan parut pada hati yang disebabkan oleh kerusakan hati jangka panjang yang berkesinambungan. Salah satu gejala utama dari ini adalah rasa sakit di perut bagian kanan atas, atau hanya di bawah tulang rusuk kanan bawah.

Rasa sakit bisa berdenyut atau menusuk dan mungkin datang dan pergi. Jika rasa sakit begitu kuat bahwa Anda tidak bisa duduk diam Anda harus melihat dokter segera.

5. Kehilangan nafsu makan

Jika Anda biasanya memiliki selera makan yang besar tapi tiba-tiba kehilangan semua nafsu makan, ini bisa menjadi tanda awal dari masalah hati. Anda juga harus berhati-hati bila hal tersebut disertai mual dan ketidaknyamanan pencernaan.

6. Kulit kuning

Kerusakan lever berarti tubuh tidak bisa lagi membuang limbah dari tubuh secara efektif. Ini berarti bilirubin pigmen empedu dapat membangun dalam aliran darah menyebabkan penyakit kuning - menguningnya kulit dan mata. Urine Anda juga dapat terlihat lebih gelap dan tinja akan tampak lebih terang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.