Sukses

Kenapa Kondom Tak Layak Pakai Setelah 5 Tahun?

Masa simpan kondom tak boleh lebih dari lima tahun. Mengapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta Badan kesehatan Dunia (WHO) telah menyepakati, masa simpan kondom tak boleh lebih dari lima tahun. Hal ini menyangkut risiko medis penggunanya. Mengapa demikian?

Deputy General Manager Condoms Business Unit PT. DKT International yang juga membawahi brand Kondom Sutra dan Kondom Fiesta, Pierre Frederick membenarkan, ada beberapa risiko kesehatan yang bisa terjadi pada pria saat menggunakan kondom kedaluwarsa.

"Sebenarnya itu karena risiko bocor, robek dan lubricant (cairan) yang kering mengingat di Indonesia juga lembap," katanya saat ditemui beberapa waktu lalu, ditulis Senin (28/11/2016).

Akibatnya, kata dia, selain tidak efektif mencegah penyakit menular seksual atau alat kontrasepsi, kondom juga tidak nyaman digunakan pasangan. "Kondom yang telah berkurang cairannya bisa menyebabkan kemaluan wanita iritasi. Jadi perhatikan kedaluwarsa sebelum digunakan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.