Sukses

Efek Dahsyat Secangkir Minuman Hangat

Liputan6.com, Jakarta Teh atau kopi hangat memang merupakan minuman tepat untuk menghangatkan tubuh kita di kala suhu udara turun. Terlebih, minuman yang disajikan dalam kondisi hangat atau panas juga membantu menenangkan pikiran sekaligus hati yang sedang gundah gulana.

Baru-baru ini, sebuah penelitian terkait manfaat minuman hangat atau bersuhu tinggi kembali dilaksanakan di King College London, Inggris oleh Direktur untuk Science Gallery bernama Daniel Glaser.

Seperti dimuat laman The Guardian, Senin (28/11/2016), minuman hangat tidak hanya berperan sebagai pengusir rasa kedinginan pada tubuh dan penat di kepala saja, namun juga memiliki kelebihan positif lainnya yang berdampak langsung pada psikologis seseorang.

Hal tersebutlah yang menjadi sorotan utama penelitian Dr. Daniel Glaser; hasilnya menunjukan adanya unsur psikologis dibalik keputusan seseorang memilih mengonsumsi minuman panas dibandingkan yang dingin.

Minuman hangat diketahui bisa membuat seseorang merasa lebih enak, tenang dan nyaman psikisnya. Kemudian, dirinya cenderung akan terlihat lebih ramah di depan orang lain ketika memegang secangkir teh atau kopi hangat.

Melalui eksperimen yang dilakukan Dr. Daniel Glaser, peserta penelitian diminta pendapatnya soal bagaimana rasanya disambut dengan orang asing yang tengah memegang secangkir teh atau kopi panas.

Mereka menuturkan, minuman hangat membuat seseorang terlihat lebih murah hati dan tidak egois. Ini dikarenakan, dilihat dari sisi linguistik dan juga teknik metafora dalam berbahasa, kata ‘hangat’ kerap diasosiasikan dengan hal-hal yang bersifat menenangkan hati.

Sebaliknya, mereka yang memegang minuman dingin lebih mungkin dianggap egois, kurang ramah dan suatu ancaman. Sama halnya dengan kata ‘hangat’, kata ‘dingin’ juga kerap dijadikan suatu hal yang menggambarkan kepribadian seseorang.

Artikel Selanjutnya
Beberapa Sifat Negatif Ini Akan Membuat Anda Dibenci Banyak Orang
Artikel Selanjutnya
Tangan dan Kaki Selalu Terasa Dingin? Lakukan 6 Hal Ini