Sukses

Cek 10 Tanda Kesiapan Seseorang untuk Menikah

Apa saja yang menjadi tolak ukur kesiapan seseorang untuk menikah? Berikut 10 tandanya

Liputan6.com, Jakarta Di era modern ini, kesiapan menikah seseorang kerap kali dihubung-hubungkan dengan faktor-faktor seperti, usia, pendapatan yang stabil, dan kesuksesan dalam berkarir.

Nyatanya, faktor-faktor di atas merupakan tolak ukur rancangan masyarakat yang belum tentu menjamin kesiapan seseorang untuk menikah. Usia menjadi faktor yang paling sering digunakan banyak orang untuk menandakan kesiapannya.

Pasalnya mereka yang berpendapat begitu merasa bahwa dengan bertambahnya usia, kemungkinannya terjun ke ranah perkawinan dengan sosok jodoh yang didambakan semakin menipis.

Oleh karena itu, mereka akan dengan mudahnya memutuskan menikah walau dengan seseorang yang belum lama ia kenal atau bahkan yang dijodohkan oleh kedua orangtuanya saat memasuki usia tertentu yang dianggap kritis.

Kemudian, pendapatan stabil dan karier yang sukses dipandang sebagai simbol kemampuan menghidupi kebutuhan satu keluarga nantinya.

Meski ketiga faktor umum tersebut ada betulnya dan umumnya dinilai dari sisi pria, tetapi kesiapan menikah seseorang, baik wanita atau pria, patut dianalisa lebih dalam melalui karakter mereka masing-masing dan hubungan yang telah terjalin secara menyeluruh.

Memang untuk menelaahnya satu per satu tidak mudah. Tapi, jangan khawatir, ada sejumlah cara mudah untuk mengetahui kesiapan menikah pasangan kita yang bisa diuji dan dianalisis setiap harinya.

Ciri orang siap dan tidak menikah

Berikut kata, kalimat dan sikap pasangan pria dan wanita yang wajib diperhatikan baik-baik jika ingin tahu kesiapannya menikahi Anda versi Heraspiration, dilansir Minggu (27/11/2016).

1. Ia lebih sering menggunakan kata ‘kita’ dibandingkan ‘aku’ atau ‘saya’, bahkan dalam kartu ucapan hari raya yang ia kirim ke banyak orang.

2. Ia sering mengajak Anda berkhayal soal masa depan, meriahnya pesta pernikahan impian, senangnya melahirkan si buah hati, nyamannya bangun setiap pagi melihat sosok Anda di sampingnya, dan lainnya.

3. Ia menjadi lebih terbuka akan jumlah pendapatannya, pengeluarannya dan juga menjadi lebih rajin menabung untuk masa depan.

4. Ia membawa Anda ke keluarganya, membuat Anda disukai bagaimana pun caranya. Ia pun yang akan inisiatif duluan meminta Anda untuk mengenalkannya pada keluarga Anda.

5. Ia lebih sering berkata ‘aku sayang kamu’, ‘aku cinta kamu’ dibandingkan ‘aku butuh kamu’.

6. Ia akan selalu menantikan momen di mana bisa selalu bersama Anda, tidak ada rasa bosan, penat atau tidak nyaman di sekeliling Anda.

7. Ia akan menghargai pendapat, opini, saran, masukan, kritikan sekaligus mendengarkan cerita Anda sepenuh hati bahkan saat dirinya sedang kelelahan.

8. Ia akan mengenalkan Anda ke semua temannya dan tidak malu menunjukan status Anda dengannya, baik melalui media sosial atau secara langsung.

9. Ia tidak lari atau menghindar saat Anda membicarakan pernikahan dan tidak akan menunda-nunda untuk berbicara dengan kedua orangtua Anda saat diminta kejelasan hubungannya.

10. Ia tidak akan melirik wanita lain, menghubungi mantannya atau pun mengandalkan jasa wanita panggilan saat merasa kesepian dan ingin penuhi kebutuhan biologisnya. Ia akan menunggu Anda dan waktu yang tepat untuk melakukannya secara romantis dan sepenuh hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.