Sukses

Ketahui, 5 Penyebab Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi

Bila lebih dari sekali gusi berdarah saat menggosok gigi bukanlah hal yang normal.

Liputan6.com, New York Mungkin Anda pernah mengalami gusi berdarah saat menggosok gigi. Bisa jadi hal tersebut karena terlalu bersemangat menggosok gigi atau menggunakan bulu sikat yang tidak tepat.

Namun jika terjadi lebih dari sekali gusi berdarah saat menggosok gigi bukanlah hal normal.

"Pendarahan di gusi tidak pernah tanda normal. Itu sebenarnya merupakan tanda ada penyakit pada gusi (seperti gingivitis atau radang gusi) yang berasal dari plak dan bakteri menumpuk di gusi," seperti diungkap dokter gigi, Sally Cram.

Berikut penyebab lain gusi berdarah saat menggosok gigi seperti mengutip Women's Health, Minggu (27/11/2016).

1. Lupa menggosok gigi

Hanya butuh waktu 24 jam bagi bakteri untuk membuat peradangan di mulut. Jika sehari sebelumnya tidak menggosok gigi, tidak heran ada darah saat menggosok gigi seperti diungkapkan Cram.

2. Perubahan hormon pada wanita

Kala terjadi perubahan hormon pada wanita, misalnya pubertas, hamil, menstruasi, dan menopause, gusi lebih sensitif terhadap plak. Sehingga mudah memicu terjadi pendarahan pada gusi.

Menjaga kebersihan mulut dan sering berkumur merupakan cara untuk mencegah terlalu banyak plak menempel di sela-sela gigi dan gusi.

3. Stres, kurang tidur, diet tidak sehat

"Saya sering melihat kasus gigi berdarah pada anak kuliahan. Mereka sering mengonsumsi makanan tidak sehat, begadang, stres, dan itu semua memengaruhi kemampuan tubuh melawan peradangan yang disebabkan bakteri di mulut," jelas Cram.

4. Obat tertentu

Obat antidepresan dan pengatur tekanan darah bisa membuat mulut kering. Kekurangan air liur memungkinkan bakteri berkembang biak lebih banyak. Hal ini membuat gusi bengkak dan rentan berdarah.

Jika, mencurigai obat-obat penyebab mulut kering, konsulitasikan ke dokter dan dokter gigi. Ada produk yang membantu menjaga jaringan gusi tetap lembap seperti kata Cram.

5. Hal serius

Orang dengan penyakit kronis seperti diabetes serta leukemia dan HIV bisa menyebabkan imunitas tubuh menurun memicu gusi bengkak dan berdarah. Jika gusi berdarah terjadi beberapa minggu, segera periksa ke dokter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.