Sukses

Belum Tentu Benar Kafein Bisa Turunkan Berat Badan

Benarkah kafein efektif untuk menurunkan berat badan? Sekali pun kafein sering ditemukan di dalam obat penurun berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Kafein mungkin sepertinya dapat membantu menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat, tetapi tidak ada cukup bukti bahwa meningkatkan konsumsi kafein dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan atau bahkan permanen.

Kafein dapat ditemukan dalam banyak jenis minuman, termasuk kopi, teh, minuman energi, dan cola. Sedangkan dalam produk makanan, biasanya terdapat dalam kakao atau cokelat.

Selain itu, kafein juga bisa ditemukan dalam berbagai obat dan suplemen makanan, termasuk suplemen yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Meskipun penelitian mengenai hubungan antara kafein dan berat badan tidak definitif, tetapi ada beberapa teori tentang bagaimana kafein dapat mempengaruhi berat badan, seperti dikutip dari Mayo Clinic, Jumat (25/11/2016)

1. Penekan nafsu makan

Untuk sementara waktu, kafein dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan sesuatu. Tetapi tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam jangka panjang membantu menurunkan berat badan.

2. Pembakar kalori

Kafein dapat merangsang thermogenesis, yaitu salah satu cara tubuh dalam menghasilkan panas dan energi dari makanan yang dicerna. Namun hal ini sepertinya masih tidak cukup membantu Anda untuk menurunkan badan.

Selain itu, beberapa studi yang sudah meneliti kafein dan berat badan, memiliki kualitas yang buruk dan mereka seringkali hanya mengujinya pada hewan, sehingga membuat temuannya dipertanyakan serta sulit untuk menyamaratakannya pada manusia, seperti yang dilansir dari Mayoclinic, Jumat (25/11/2016). 

Intinya, berhati-hatilah dalam mengonsumsi produk kafein untuk tujuan menurunkan berat badan. Jika terlalu banyak, kafein dapat menyebabkan kegelisahan, insomnia, mual, peningkatan tekanan darah, dan masalah lainnya. Jadi lebih baik konsumsi mereka dalam jumlah sedang (400 miligram atau kurang) untuk orang dewasa, agar aman.

Juga perlu diingat bahwa beberapa minuman berkafein mengandung tinggi kalori dan lemak, sehingga bukannya menurunkan berat badan, Anda justru menambah berat jika meminumnya terlalu banyak. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.