Sukses

Begini Reaksi Tubuh Bila Alergi Buah

Alergi buah memengaruhi sekitar enam sampai delapan persen anak-anak di bawah usia tiga, dan orang dewasa sekitar tiga sampai empat persen.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang mengalami alergi buah disebabkan oleh tubuh yang memproduksi imunoglobulin E atau IgE antibodi untuk makanan tertentu. Ini merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang terjadi setelah mengonsumsinya.

Jejak buah dapat memicu tanda dan gejala reaksi, seperti masalah pencernaan, gatal-gatal, bengkak saluran udara, dan kasus terberat anafilaksis. Pengobatan untuk sebagian besar alergi buah dengan menghindari untuk mengonsumsinya serta pengobatan antihistamin.

Alergi buah memengaruhi sekitar enam sampai delapan persen anak-anak di bawah usia tiga, dan orang dewasa sekitar tiga sampai empat persen. Berikut ini beberapa buah yang bisa membuat orang alergi, dilansir laman Livestrong, Jumat (25/11/2016).

Stroberi

Gejala reaksi terhadap buah merah ini termasuk gejala alergi oral seperti pembengkakan pada mulut, tenggorokan, gusi, lidah, langit-langit dan dalam pipi. Alergen stroberi juga mirip alergen yang ditemukan di serbuk sari tanaman.

Memasak stroberi tidak mengurangi atau menghapus alergen, sehingga dianjurkan untuk menghindari buah stroberi baik mentah maupun dimasak.

Kiwi

Kiwi

Seperti stroberi, buah kiwi juga mengandung alergen mirip serbuk sari tanaman. Pada orang dewasa, gejalanya terbilang ringan, tetapi pada anak-anak akan parah.

Pisang

Alergi pisang sangat tidak umum. Beberapa orang mungkin mengalami intoleransi terhadap protein dalam pisang, dan tidak ada reaksi alergi. Orang yang alergi terhadap pisang juga mungkin alergi pada kiwi dan alpukat karena kitinase protein hadir di semua buah-buahan tersebut.

Jeruk

Jeruk

Alergi jeruk biasanya langka dan memiliki gejala ringan seperti borok di mulut, dan munculnya ruam. Orang-orang yang memiliki alergi buah jeruk disarankan untuk menghindari nanas, jeruk, plum, semangka, jeruk nipis, dan lemon. Jus buah pun harus dihindari.

Tomat

Reaksi alergi terhadap tomat menyebabkan kesemutan pada bibir atau di dalam mulut terlihat merah, serta ruam gatal. Orang yang alergi tomat mungkin juga alergi kentang, paprika, dan terong.

Banyak orang yang alergi tomat tidak bisa mentolerir protein IgE dalam tomat mentah, tapi dapat mengonsumsi yang dimasak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini