Sukses

4 Penyebab Kondom Kehilangan Kemampuan Daya Pelindungnya

Penyebab kondom kehilangan kemampuan pelindungnya dapat dipengaruhi berbagai faktor.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda berhubungan intim dengan pasangan menggunakan kondom, ada kalanya kondom bocor dan kurang efektif digunakan. Kondom bisa tidak efektif digunakan akibat terlalu lama disimpan. Misal, pasangan Anda mengeluarkan kondom yang tersimpan lama di belakang saku celananya.

Suhu panas yang ditimbulkan saat pria duduk akan membuat kondom kehilangan kemampuan efektifnya. Dari laman Femina, Kamis (24/11/2016), penyebab kondom kehilangan kemampuan dapat dipengaruhi berbagai faktor.

Tidak mencubit ujung kondom

Anda harus mencubit ujung kondom secara intens. Hal ini bertujuan memberikan udara pada kondom. Jika Anda tidak mencubit ujung kondom, maka kondom yang digunakan tidak efektif.

Memakai dua kondom

Demi tidak terjadi kebocoran kondom, pria bisa saja memakai dua kondom agar efektif digunakan.

Namun, hal itu akan menyebabkan kondom saling bergesekan satu sama lain. Kondom akan saling menempel sehingga tidak mampu melakukan perlindungan secara optimal.

Sebelum penggunaan kondom, perhatikan tanggal kadaluwarsa

Tidak memeriksa tanggal kedaluwarsa

Kondom memiliki tanggal kedaluwarsa. Sebagian besar kondom yang tersedia biasanya waktunya tidak lama. Sebaiknya, sebelum Anda membeli kondom, periksa tanggal kadaluwarsa pada kondom.

Cara pasang kondom salah

Anda bisa saja salah menggunakan kondom karena tidak tuntas membaca petunjuk yang tertera. Cara yang benar, kondom akan menggulung ke penis tanpa perlawanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini