Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Produksi Sperma Terhambat Bila Pria Gemar Sauna Setelah Gym

Pria, jangan biasakan berlama-lama melakukan hal ini, sperma Anda terancam berkurang drastis.

Liputan6.com, Jakarta Kamu yang selalu mengakhiri kegiatan olahraga di gym dengan sauna, sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan itu. Kalau kamu mau sperma senantiasa sehat.

Berdiam diri di ruang beruap panas memang bisa membuat otot-otot kamu lebih relaks. Keinginan untuk kurus juga bisa terwujud. Namun, kamu harus tahu, sauna bisa menghambat produksi sperma bahkan jumlahnya bisa berkurang.

Dari banyak penelitian, sperma pada pria yang menghabiskan waktunya selama 15 menit dalam sauna, dua kali seminggu selama tiga bulan, terlihat mengalami penurunan. Bahkan, jumlahnya tidak langsung kembali normal meski kamu sudah berhenti sauna selama enam bulan.

Padahal untuk menghasilkan sperma yang sehat, testis kamu harus tetap bersuhu kurang dari dua derajat dari suhu tubuh. Itu sebab buah zakar menggantung jauh dari tubuh Anda.

”Namun kondisi apapun yang suhunya meningkat secara signifikan, akan memberikan efek negatif pada produksi sperma,” ujar penulis studi  tersebut, dari University of Padova di Itali, Andrea Garolla, dikutip dari Menshealth, Kamis (24/11/2016). 

Walaupun sauna tidak memengaruhi sperma pria dalam jangka panjang, tapi peneliti tetap menyarankan para pria untuk tidak melakukannya terlalu sering.

Sementara itu, jika ingin memperkuat sperma Anda, coba makan 75 gram kacang kenari (kira-kira segenggam tangan) dalam sehari. Kacang kenari dapat meningkatkan kualitas sperma Anda,seperti yang dilaporkan dalam jurnal Biology of Reproduction pada tahun 2012 kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.