Sukses

Raih Kembali Gairah Bercinta Pasien Kanker Prostat

Pria bisa mendapatkan kembali kehidupan seksual yang normal akibat operasi dan pengobatan kanker prostat.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah upaya bisa dilakukan pasien kanker prostat untuk mendapatkan kembali kehidupan seksual yang sempat hilang. Segera bikin janji dengan seorang psikolog guna melenyapkan rasa cemas berlebihan, yang menghantui selama pengobatan kanker prostat.

Selain itu, terapi pasangan dapat membantu hubungan seks pada pasien kanker prostat dan pasangannya kembali bergairah.

Dikutip dari Medical News Today, Rabu (23/11/2016), apa pun pengobatan yang dipilih oleh pasien kanker prostat, masalah paling umum yang mereka hadapi tetap sama. Pria merasa rendah diri, cemas, dan tidak jarang ada yang sampai menderita disfungsi ereksi.

Lebih dari 30 persen pria yang merupakan pasien kanker prostat mengalami rasa tidak nyaman akibat pengobatan yang tengah mereka lakukan. Baik itu prostatektomi radikal (operasi pengangkatan kelenjar prostat) maupun radioterapi (membunuh sel-sel kanker).

Radioterapi kerap dikombinasikan dengan terapi hormon selama tiga sampai bulan. Terapi hormon untuk menurunkan atau memblokir testosteron dalam tubuh sehingga memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

Belum lagi, pasien kanker prostat akan kehilangan kontrol kandung kemih dan impotensi. Sehingga menjadi suatu hal yang wajar apabila minat pria dengan kanker prostat untuk berhubungan seks menurun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.