Sukses

4 Kebiasaan Pria yang Tanpa Sadar Bisa Kurangi Kualitas Sperma

Pria yang sering naik sepeda motor selama lebih dari 6 jam dalam sehari dapat meningkatkan suhu skrotum yang berpotensi membunuh sperma.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua pria memiliki sperma dengan kualitas yang sama. Pada pria yang gemar mandi menggunakan air hangat, kemungkinan besar kualitas sperma yang dia punya lebih rendah dibanding yang lain. Sebab, hal itu merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesuburan pria.

Selain mandi air hangat, masih ada faktor lain yang bisa menurunkan tingkat kesuburan sperma kaum pria. Tahukah kalau mengendarai motor lebih dari enam jam juga bisa membunuh sperma Anda?

Nah, di bawah ini, terdapat sejumlah kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat menurunkan kualitas dan kesehatan sperma seperti dikutip dari situs Life Bunny, Rabu (23/11/2016)

1. Penggunaan tabir surya

Tabir surya memang dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Namun, kandungan tabir surya berpotensi merusak kesuburan. Sebuah studi terbaru yang dilakukan Longitudinal Investigation of Fertility and the Environment (LIFE) menemukan bahwa bahan kimia dalam tabir surya seperti BP-2 atau 3OH-BP dapat mengganggu hormon.

2. Daging olahan

Bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, sangat tidak dianjurkan bagi pria mengonsumsi daging olahan seperti sosis yang dapat merusak kualitas sperma.

Para peneliti dari Harvard University menemukan bahwa pria yang makan setengah porsi daging olahan per hari memiliki sel sperma yang abnormal sebesar 5,5 persen, dibanding pria yang sangat sedikit makan daging olahan.

3. Kedelai

Sebuah studi pada 2008 yang dilakukan Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa setengah porsi kedelai per hari dapat membahayakan produksi sperma pria.

Hal ini terjadi akibat pengaruh isoflavon yang ditemukan dalam produk kedelai yang mempengaruhi hormon estrogen.

4. Mengendarai motor

Pria yang sering berkendara sepeda motor lebih dari enam jam dalam sehari dapat meningkatkan suhu skrotum jadi lebih panas dan berpotensi membunuh sperma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini