Sukses

Bonus Gigi Putih Kinclong Bila Rutin Lakukan 4 Hal Ini

Selain rutin menggosok gigi, berikut beberapa kebiasaan yang bikin gigi putih kinclong.

Liputan6.com, New York Senyuman yang memamerkan deretan gigi putih membuat si empunya wajah terlihat lebih manis.  Mendapat gigi yang putih dan bersih tak cukup hanya dengan rutin menggosok gigi. Ada beberapa kebiasaan yang membuat gigi jadi putih kinclong bak mutiara.

Berikut beberapa kebiasaan yang membuat gigi putih kinclong lebih lama seperti dikutip Men's Health, Senin (21/11/2016).

1. Bersihkan lidah

Membersihkan lidah tidak hanya membuat napas jadi segar. Menurut dokter gigi asal Baverlly Hills, Amerika Serikat, Debra Glassman, rutin membersihkan lidah membantu mencegah warna gigi gelap.

Dokter Glassman mengatakan di dalam lidah terdapat banyak bakteri terakumulasi yang membuat warna gigi berubah lebih gelap. Untuk membersihkan lidah, bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus maupun dengan alat pembersih lidah. Lakukan setiap hari untuk mencegah bakteri menumpuk di lidah.

2. Berkumur dengan cuka apel

Cara alami untuk membuat gigi putih bersih yakni dengan berkumur menggunakan campuran air dengan cuka seperti diungkap Glassman. Dia menyarankan untuk menyiapkan dua cup air dicampur satu cup cuka apel. Campur, lalu berkumur selama satu menit. 

Segera minum air usai makan jeruk

3. Rutin makan buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur tak hanya baik untuk badan tapi juga gigi. Menurut Glossman mengonsumsi kacang-kacangan, wortel mentah, apel, kembang kol bisa membatu membersihkan dari plak dan noda gigi.

4. Segera minum usai makan jeruk

Aneka buah sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung asam yang mengikis enamel gigi. Bila enamel gigi terkikis, mempermudah noda menempel di gigi sehingga warnanya jadi cepat menguning.

Oleh karena itu pastikan minum air putih usai makan buah-buahan sitrus. Ini merupakan cara untuk 'membilas' bahan asam yang merusak gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini