Sukses

Perangi Depresi dengan Secangkir Kopi

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta kopi atau minuman dan makanan yang mengandung kafein lainnya, bersyukurlah bahwa yang Anda konsumsi itu tidak hanya sekadar membantu Anda bangun di pagi hari dan menjadi lebih aktif beraktivitas saja.

Sejumlah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Tiongkok dari tahun 1980 hingga 2015 ditemukan bahwa mengonsumsi kafein, termasuk minum secangkir kopi, secara rutin juga dapat membantu menurunkan depresi.

Seperti dimuat dalam situs Medical News Today, Senin (21/11/2016), penelitian yang melibatkan 346.913 peserta dan secara teliti menganalisis kurang lebih 8.146 kasus depresi tersebut juga membuktikan bahwa mengasup kafein secara rutin juga ampuh dalam membantu mencegah mereka yang tidak menderita dari potensi mengalami depresi semasa hidupnya.

Namun, kafein pada kopi dinilai lebih efektif melawan depresi dibanding yang terdapat di teh. Sebab, kafein dalam kopi memiliki komponen-komponen penting seperti, asam chlorogenic, asam ferulic dan asam caffeic.

Tiga jenis asam tersebut bersifat anti-inflamasi atau melawan peradangan yang ada, khususnya pada sel saraf otak orang yang depresi.

Selain tiga jenis asam tersebut, kandungan antioksidan alami dalam kafein juga membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan dan penderitaan yang disebabkan oleh depresi.

Artikel Selanjutnya
Meski Bisa Cegah Diabetes, Kopi Buruk untuk Diabetesi
Artikel Selanjutnya
Suka Minum Kopi? Menurut Sains, Seharusnya Anda Bisa Lebih Sehat