Sukses

Jenis Lip Balm yang Harus Dihindari Jika Bibir Pecah-pecah

Lip balm dengan aroma buah-buahan memang sangat menggoda untuk digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Bibir kering dan pecah-pecah sungguh mengganggu penampilan bagi seorang wanita. Ada banyak produk yang menawarkan lip balm untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah.

Ironisnya, bibir kering juga bisa disebabkan karena penggunaan lip balm. Beberapa produk lip balm mengandung bahan-bahan yang tidak diperlukan. Bahan-bahan inilah yang justru bisa membuat bibir pecah-pecah semakin parah.

Menurut juru bicara American Academy of Dermatology, Diane Madfes, bagian yang terpenting untuk membeli lip balm adalah kombinasi bahan-bahan yang bertindak seperti pelembap dan bahan-bahan yang memiliki manfaat seperti perekat atau pelapis.

Lip balm dengan aroma buah-buahan memang sangat menggoda untuk digunakan. Tetapi, beberapa di antaranya tidak mengandung kedua bahan dasar tersebut.

Kehangatan dari bibir mampu melelehkan lip balm sehingga bahan pelembap dapat diserap oleh kulit yang kering dan komponen seperti perekat dapat melapisi bibir untuk menciptakan lapisan pelindung.

Lapisan ini mencegah bibir kehilangan kelembapan dari penguapan air dan menguncinya. Jadi, jika Anda memiliki produk dengan kombinasi pelembap dan pelapis, Anda dapat mendapatkan manfaat dari keduanya.

Diane menyarankan untuk mencari pelembap bibir yang berasal dari minyak shea butter atau evening primrose dan sealer yang seperti lilin lebah.

Salah satu langkah penting untuk melindungi bibir adalah memastikan produk Anda memiliki SPF atau tabir surya. Banyak orang yang tidak sadar pentingnya melindungi bibir dari sinar matahari, padahal sinar matahari dapat merusak lapisan bibir Anda.

Untuk menjaga bibir tetap lembut, periksa daftar kandungan yang ada pada lip balm Anda. Hindari lip balm yang mengandung tiga bahan ini karena dapat membuat kulit bibir Anda iritasi.

1. Pewangi atau perasa
Lip balm dengan aroma permen karet atau buah-buahan sangat menggoda untuk dipakai. Tetapi, jauhi lip balm dengan pewangi jika bibir Anda mengalami pecah-pecah. Banyak orang yang sebenarnya memiliki alergi atau reaksi lain terhadap wewangian yang ada dalam lip balm. Aroma pada lip balm membuatnya lebih wangi dan memikat, tetapi ini adalah penyebab terbesar iritasi pada bibir.

2. Vitamin E
Ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap kandungan vitamin E. Jika Anda tidak mengetahui riwayat alergi terhadap vitamin E, demi keamanan sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung vitamin E untuk melembapkan bibir Anda.

3. Mentol atau fenol
Bahan mentol atau fenol biasanya memang dapat memberi sensasi dingin pada bibir dan cocok digunakan saat panas. Tapi, bukan berarti ini dapat menyembuhkan bibir yang pecah-pecah. Bahan-bahan ini justru dapat menyebabkan iritasi dan membuat bibir lebih sensitif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.