Sukses

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bisa Merusak Kulit

Kebiasaan sebelum tidur berikut ini bisa membuat kulit, terutama bagian wajah kusam, kotor dan berjerawat serta masalah kulit lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Perawatan kulit membutuhkan banyak waktu dan juga biaya untuk menjadikannya sehat, mulus dan bercahaya. Sayangnya, bagi sebagian wanita, merawat kulit merupakan hal yang sulit dilakukan terutama menjelang tidur.

Banyak wanita yang malas membersihkan wajahnya setelah menggunakan makeup seharian. Rasa kantuk yang berat membuat mereka memilih tidur dengan kulit yang masih dilapisi makeup.

Padahal, mereka pun tahu tidur tanpa membersihkan wajah bisa menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Akhirnya, Anda pun memilih membeli produk kecantikan yang mahal meski hasilnya juga belum bisa sepenuhnya maksimal.

Melansir laman Prevention, Jumat (18/11/2016), kebiasaan sebelum tidur berikut ini bisa membuat kulit, terutama bagian wajah kusam, kotor dan berjerawat serta masalah kulit lainnya.

1. Tidak mencuci wajah sebelum tidur
Saat menjalankan aktivitas seharian, wajah Anda mendapatkan lebih banyak kotoran dan polutan. Saat tidur, kulit akan melakukan regenerasi yang berarti mengangkat sel kulit mati dan membangun sel kulit baru.

Bila Anda membiarkan kotoran menumpuk serta polutan lainnya pada wajah Anda, itu membuat kulit Anda kesulitan menyingkirkan sel kulit mati. Seiring waktu, ini akan menyumbat pori-pori Anda yang dapat menyebabkan jerawat. Itulah mengapa mencuci wajah sebelum tidur sangat penting dilakukan.

2. Tidak menggunakan pelembap atau retinol
Saat usia Anda telah memasuki 20 tahun, sebaiknya Anda mulai menggunakan produk yang mengandung pelembap dan retinol yang tinggi. Retinol dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan kolagen. Sedangkan pelembap dapat menenangkan setiap iritasi pada kulit dan membuat kulit lebih elastis. 

 

Mandi dengan air terlalu panas atau terlalu dingin

3. Mandi dengan air terlalu panas atau terlalu dingin
Suhu air yang baik untuk mandi adalah hangat atau suam-suam kuku. suhu ini baik untuk kesehatan kulit Anda. Mandi dengan air terlalu dingin atau terlalu panas dapat membuat radang dan iritasi pada kulit. Ini bisa menimbulkan kulit yang kering, terluka dan memerah.

4. Hanya melembapkan bagian wajah
Anda mungkin hanya berpikir tentang kecantikan wajah dan melupakan bagian tubuh lain. Sebaiknya, mulailah untuk lebih sering melebapkan kulit di hampir seluruh tubuh sebelum tidur malam. Jika malas mengoleskan ke seluruh tubuh, setidaknya beri pelembap di bagian tumit, siku, lutut dan bagian tubuh lain yang kering.

5. Main gawai sebelum tidur
Terlalu lama berhadapan dengan komputer, smartphone atau tablet sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda dan meningkatkan risiko kanker juga depresi. Ternyata, hal ini juga dapat mempengaruhi kulit Anda.

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit dan membuatnya tetap bercahaya. Kurang tidur membuat Anda kelelahan sehingga Anda akan membutuhkan makeup lebih banyak dan lama untuk menjaga wajah tetap terlihat cerah. Kondisi ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Terlalu sering menatap layar gawai Anda sebelum tidur dapat mendorong perkembangan garis di sekitar mata Anda karena Anda secara tak sadar menyipitkan mata saat menatap layarnya. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan keriput.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini