Sukses

Vitamin D Ampuh Turunkan Masalah Pernapasan Akut pada Lansia

Studi temukan jenis vitamin yang ampuh menurunkan masalah pernapasan akut pada orang dewasa dan lansia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang dipimpin oleh peneliti di India mengemukakan bahwa vitamin D mampu mengurangi timbulnya masalah pernapasan akut pada lansia.

Peneliti menemukan bahwa di antara mereka yang mengambil dosis vitamin D yang tinggi mengalami penurunan 40 persen penyakit pernapasan akut. "Vitamin D dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang mempengaruhi semua jenis penyakit pernapasan akut," kata pemimpin studi Adit Ginde, professor di University of Colorado, Denver, Amerika Serikat.

Menurut Ginde, penemuan ini dapat menyelamatkan pasien dari penggunaan antibiotik yang sudah tidak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi virus di tubuh pasien.

"Vitamin D tampaknya mampu berpotensi mencegah infeksi dari penyakit seperti pneumonia, influenza, dan bronkitis," tambah Ginde.

Kekuatan dari vitamin D bahkan mampu mencegah infeksi dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) seperti emfisema. Dalam penelitian ini, ada sekitar 107 pasien dengan usia rata-rata 84 tahun yang diteliti selama 12 bulan.

Studi yang dipublikasikan dalam American Geriatrics Society juga menemukan, hampir setengah dari pasien yang menerima dosis tinggi dari vitamin D, mengalami penurunan kondisi yang lebih baik, seperti dikutip dari Times of India, Minggu (20/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.