Sukses

8 Cara Efektif Hindari Penyakit Menular Seksual

Jika Anda adalah seorang yang aktif secara seksual, tentu memiliki ketakutan tentang penyakit menular seksual (PMS).

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda adalah seorang yang aktif secara seksual, tentu memiliki ketakutan tentang penyakit menular seksual (PMS). PMS adalah penyakit atau infeksi yang ditularkan dari satu orang ke orang lain dari kontak seksual. PMS dapat ditularkan melalui hubungan oral, vagina, dan dubur. Bahkan ciuman dapat menyebabkan PMS melalui air liur.

Hal ini sangat ironis, salah satu tindakan yang paling menyenangkan dan intim justru membawa risiko penyakit dan infeksi. Beberapa PMS yang paling umum adalah genital herpes, klamidia, gonore, HPV, sipilis, infeksi ragi dan tentu saja penyakit mematikan HIV.

Bila Anda ingin menghindari PMS, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti, dilansir laman Boldsky, Jumat (18/11/2016).

Tips 1

Buat diri Anda menyadari berbagai jenis PMS, dan IMS sehingga Anda dapat mengenali gejala awal.

Tips 2

Untuk menghindari PMS dengan melakukan seks aman. Gunakan kondom setiap kali berhubungan seksual dengan pasangan.

Tips 3

Sebelum terlibat dalam hubungan seksual dengan pasangan, pastikan Anda berdua telah melakukan tes untuk kemungkinan PMS. Melakukan ini agar pikiran Anda tenang, dan bisa menikmati seks lebih baik, tanpa menggunakan kondom.

Tips 4

Jangan lupa cuci alat kelamin dengan baik. Gunakan antiseptik, sebelum dan setelah berhubungan seksual.

Tips 5

Bagi Anda yang memiliki banyak pasangan seksual, itu berisiko pengembangan penyakit menular seksual, dan IMS jauh lebih tinggi.

Tips 6

Untuk menghindari hepatitis, yang merupakan PMS serius dapatkan vaksinasi hepatitis B setelah berkonsultasi dengan dokter.

Tips 7

Jika Anda menikmati hubungan seks dengan banyak pasangan, dan sering pastikan Anda mendapatkan tes PMS minimal tiga bulan sekali, dan gunakan kondom.

Tips 8

Hindari berbagai handuk, alat cukur dan lainnya dengan orang yang bisa terinfeksi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini