Sukses

Awas Kulit Kelopak Mata Kering Bisa Sebabkan Peradangan

Kelopak mata kering bisa menjadi gejala awal dari eksim, psoriasis, dermatitis seboroik, dan blepharitis atau peradangan lain.

Liputan6.com, Jakarta Kulit pada kelopak mata yang kering bukan saja mengganggu penampilan, tetapi bisa menyebabkan masalah serius seperti peradangan kulit.

Mengutip Live Strong, Jumat (18/11/2016) kelopak mata kering bisa menjadi gejala awal dari eksim, psoriasis, dermatitis seboroik, dan blepharitis atau peradangan yang disebabkan oleh bakteri.

Sebelum mendapatkan penanganan medis, Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan cara mudah. Terpenting, jauhkan kedua tangan untuk menyentuh bagian kelopak mata yang kering.

Wajib juga menghindari zat-zat yang dapat memicu alergi di area mata, seperti kosmetik, shampo, pembersih wajah, pengeriting bulu mata, hingga pewarna rambut yang mengandung p-phenylenediamine.

Penanganan lebih lanjut dapat dilakukan dengan mencuci kelopak mata dua kali sehari dengan air hangat dan pembersih yang lembut seperti sampo bayi. Terapkan petroleum jelly atau krim pelembab khusus. Jika Anda memiliki ruam pada kelopak mata yang berasal dari reaksi alergi, cukup oleskan krim hidrokortison selama dua sampai tiga hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini