Sukses

Bagaimana Hadapi Emosi Negatif dengan Cara Sehat?

Liputan6.com, Jakarta Emosi negatif adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Namun bagaimana kita menghadapi emosi tersebut secara sehat? Haruskah kita berpura-pura bahwa emosi negatif tersebut tidak ada?

Menurut ahli terapi keluarga dan psikolog kesehatan, Elizabeth Anne Scott, mengabaikan emosi negatif tersebut, seperti rasa marah atau frustasi, bukanlah cara yang sehat untuk menghadapinya.

“Secara umum, itu tidak membuat emosi pergi, tapi justru malah menyebabkan emosi bisa keluar dengan cara yang berbeda,” ujarnya.

Jika Anda merasa marah atau frustrasi, bisa jadi ini adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang perlu diubah. Jika Anda tidak mengubah situasi atau pola pikir yang menyebabkan emosi negatif tersebut, Anda akan terus dipicu oleh mereka. Emosi tersebut juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan fisik dan emosional Anda.

Sehingga, penting untuk mendengarkan emosi Anda kemudian ambil langkah-langah untuk membuat emosi negatif tersebut pergi. Dilansir dari Verywell, Jumat (18/11/2016), berikut ini adalah tipsnya:

1. Pahami emosi Anda

Coba lihat lebih dalam dan cari hal apa yang menyebabkan stres dan emosi negatif dalam hidup Anda. Emosi negatif bisa saja datang dari suatu peristiwa, seperti misalnya beban kerja yang berlebihan atau ada suatu peristiwa yang tidak berjalan sesuai harapan Anda. Jika Anda sudah mengetahui dan memahami sumbernya, Anda bisa membuat perubahan yang diperlukan. 

 

Lakukan perubahan

2. Ubah apa yang bisa Anda ubah

Hal ini dapat mencakup hal-hal seperti mengurangi stres kerja, mempraktikkan komunikasi asertif (kemampuan mengungkapkan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain), serta ubah pola pikir negatif, bisa dengan bantuan seorang terapis terlatih.

3. Cari pelepasan emosi yang sehat

Membuat perubahan dalam hidup Anda memang bisa mengurangi emosi negatif, tapi hal itu tidak dapat menghilangkan pemicu stres sepenuhnya, sehingga Anda memerlukan pelepasan yang sehat, seperti:

a. Olahraga rutin dapat membantu menghilangkan emosi negatif tersebut.

b. Meditasi dapat membantu Anda menemukan beberapa ruang kosong, sehingga emosi tersebut tidak terasa sangat berlebihan pada diri Anda. 

c. Temukan waktu luang untuk bersenang-senang dan tertawa lebih banyak. 

Jika Anda berhasil menemukan aktivitas yang bisa melepaskan emosi negatif tersebut, maka Anda juga akan merasa tidak begitu kewalahan ketika emosi negatif itu timbul kembali, dan stres pun berkurang.

Artikel Selanjutnya
Waspada, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Picu Kecemasan
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Mengelola Emosi dengan Baik