Sukses

Kurangi Risiko Kanker Usus Besar dengan 7 Makanan ini

Mengurangi konsumsi daging merah, ditemukan dapat mengurangi risiko Anda untuk menderita kanker usus besar, studi menunjukkan.

Liputan6.com, Jakarta Studi menunjukkan, mengurangi konsumsi daging merah dapat mengurangi risiko Anda menderita kanker usus besar. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association, meneliti lebih jauh bagaimana diet vegetarian dapat mengurangi risiko penyakit kanker tersebut.

Pada awal penelitian, para peneliti mengamati kebiasaan makan dari sekitar 77.000 orang dewasa, kemudian peneliti memeriksa mereka kembali, apakah mereka menderita kanker usus besar tujuh tahun kemudian.

Setelah tujuh tahun, para peneliti menemukan bahwa subyek penelitian yang melakukan diet vegetarian memiliki penurunan risiko menderita kanker usus besar sebanyak 20 persen dibandingkan dengan mereka yang suka memakan daging, sedangkan pesco-vegetarian (vegetarian pemakan ikan) memiliki risiko yang lebih rendah sebanyak 43 persen.

Namun makanan apa saja yang secara spesifik dapat menurunkan risiko kita menderita kanker usus besar?

Karena studi tersebut tidak menunjukkan secara spesifik, berikut ini adalah beberapa makanan tertentu yang disarankan oleh para ahli untuk menurunkan risiko kanker usus besar, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Jumat (18/11/2016), berikut ini:

1. Ikan berlemak

“Asam lemak omega-3 dalam ikan tuna dan salmon dapat menurunkan peradangan di usus yang terkait dengan pembentukan tumor,” ujar profesor kedokteran di Weill Cornell Medical College, Mitchell Gaynor, MD.

2. Oatmeal

“Sereal ini sangat tinggi serat, dan serat dapat membantu menggerakkan makanan sepanjang saluran pencernaan,” ujar ahli gizi onkologi di Stony Brook University Cancer Center di New York, Jennifer Fitzgibbon, RD. 

 

Minyak zaitun

3. Minyak zaitun

“Minyak zaitun mengandung asam lemak omega-2 yang terkait dapat menurunkan risiko kanker usus besar, karena dapat mengurangi peradangan,” ujar Gaynor.

4. Kacang-kacangan

“Begitu banyak jenis kacang yang tinggi folat, vitamin B yang membantu memperbaiki DNA yang abnormal di saluran pencernaan. Mereka juga kaya akan serat,” ujar Fitzgibbon.

5. Buah dan sayuran

Anda sangat perlu untuk memasukkan buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari karena serat di dalam keduanya dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda. Buah dan sayur juga dapat menurunkan tingkat risiko kanker usus besar.

“Mengonsumsi enam hingga delapan porsi buah dan sayuran, dapat membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan semua zat gizinya,” ujar Gaynor.

6. Kunyit

“Rempah-rempah yang termasuk bahan pokok dalam masakan India ini, mengandung senyawa curcumin, yang dapat melindungi saluran pencernaan dan mencegah atau memperlambat pertumbuhan kanker," ujar Fitzgibbon.

7. Tomat yang dimasak

"Tomat memiliki banyak lycopene yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar, dan tomat yang sudah dimasak, seperti misalnya saus tomat, mengandung lycopene yang lebih banyak,” ujar Gaynor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.