Sukses

Morgan Oey Tak Setuju Diet Kurangi Jumlah Makan

Morgan Oey menentang diet dengan melakukan pengurangan jumlah makan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang, diet menjadi pilihan untuk membentuk tubuh yang sempurna. Pengurangan jumlah makan demi mendapatkan tubuh dengan berat badan ideal seolah menjadi prioritas. Berbeda dengan Morgan Oey. Cowok yang pernah terjun di dunia musik ini menentang diet pengurangan jumlah makan.

Morgan yang punya kebiasaan tiap bangun tidur di pagi hari meminum air mineral dan makan buah mengatakan, ia makan tetap tiga kali sehari. Ia menganggap diet yang sesungguhnya bukan mengurangi jumlah makan, tapi mengurangi porsi makan. Menurut dia, untuk mendapatkan tubuh fit, tiap orang harus mengatur pola makan.

"Makan itu entah berapa kali, jenis makanannya apa, yang penting porsi harus dijaga. Saya enggak percaya, diet yang cuma satu kali makan, itu namanya justru membunuh. Lambung bisa bocor, maag kambuh. Kita masih muda, kalau lambung bocor kan bakal minum obat sampai tua," ujar Morgan saat berbincang dengan Health-Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Morgan yang kini terjun di dunia film berpendapat aktivitas syuting tidak sesuai untuk seseorang melakukan diet. Syuting membutuhkan tenaga dan tingkat fokus yang tinggi.

"Bohong banget kalau pas syuting orang bisa diet. Itu (syuting) capek luar biasa. Jujur, syuting sangat energy consuming (mengeluarkan banyak energi). Makan satu kali dan cuma makan salad itu bohong banget. Oke aja kalau mau makan salad, tapi tetap makan nasi dan sayur nasi saat makan siang. Terserah mau nasi putih atau nasi merah. Bisa juga ditambah makan buah. Yang penting tetap makan tiga kali sehari, bukan mengurangi jatah makan," ucap Morgan. 

 

Tidak Pernah Sakit Kronis

Morgan mengaku hingga saat ini berat badannya tetap normal. Aktivitas nge-gym yang dilakoninya sejak SMA tidak pernah melibatkan mengangkat beban berat membuat dirinya tidak pernah mengalami cedera serius. Selain itu, ia hanya nge-gym demi mendapatkan tubuh fit, bukan fokus membentuk otot tubuh, body builder.

Saat tidak sempat nge-gym, ia melakukan olahraga ringan, seperti sit up dan push up di rumah. Saat syuting di luar negeri, Morgan mengungkapkan, ia tetap melakukan olahraga ringan.

"Paling pemanasan doang. Tubuh harus tetap fit dan sehat, enggak boleh sakit. Karena kalau sakit akan mengganggu proses syuting. Atau pas bangun tidur ya pemanasan dulu. Kalau ada waktu break ya jalan-jalan aja. Itu sih pintar-pintarnya kita aja," kata Morgan.

Diet yang benar itu mengurangi porsi makan

Ia menambahkan, tubuh harus sedikit berkeringat. Hal itu menandakan tubuh sehat. Meskipun nge-gym, Morgan tidak mau ribet mencari gym saat syuting di luar negeri. Pemanasan dan jalan-jalan menjadi pilihan agar tubuhnya tetap bugar.

Aktivitas syuting yang padat rupanya tidak membuat Morgan mengalami sakit kronis. Ketika tubuhnya lelah, ia hanya mengalami flu ringan dan daya tahan tubuh turun tapi tidak demam. Selain itu, sakit ringan berupa kepala agak pusing hanya diobatinya dengan tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.