Sukses

Terapkan 7 Langkah Ini Jika Tak Mau Anak Jadi Kurang Pergaulan

Kesalahan banyak orangtua adalah mencoba mendidik anak dengan kebanyakan fokus lebih pada sisi akademisnya saja.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua perlu memahami bahwa membina anak menjadi juara di sekolahnya memang penting namun membuatnya terlalu fokus akan hal berbau akademis cenderung membuatnya kurang terlibat dalam kegiatan sosial.

Ketika sang anak jarang berkomunikasi dengan teman-teman seusianya dan lebih banyak menghabiskan waktu belajar, ia akan lebih mungkin tumbuh sebagai seseorang yang anti-sosial.

Percuma jika sang anak tumbuh menjadi seseorang yang paham akan banyak hal soal bisnis secara teori tapi mempraktikkannya tidak bisa lantaran tidak bisa atau malu berbicara dengan orang lain.

Kemampuannya berkomunikasi dengan orang lain sangatlah penting karena hal tersebut yang akan membantunya menjadi orang sukses suatu hari kelak.

Melansir Family Life, Kamis (17/11/2016), ada sejumlah cara yang orangtua patut terapkan pada anak agar ia tidak tumbuh sepenuhnya menjadi sosok yang introvert dan lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Berikut caranya:

1.Jangan larang dirinya menginap di rumah teman namun tetap dipantau
2.Perbolehkan temannya menginap di rumah
3.Jangan larang dirinya menghabiskan waktu dengan temannya di akhir pekan
4.Libatkan dirinya bukan hanya dalam bimbingan belajar saja namun juga kegiatan sosial lainnya seperti kegiatan kemanusiaan di mana ia akan bertemu banyak anak lainnya dari latar belakang yang berbeda atau homestay di luar kota atau luar negeri
5.Ajak anak ke acara sosial di mana ia akan bertemu dengan banyak orang
6.Kenalkan dirinya ke anak teman Anda
7.Jangan terlalu banyak memberikan anak ekspektasi secara akademis dan biarkan ia terlibat dalam kegiatan sosial atau pun olahraga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.