Sukses

6 Cara yang Mengejutkan Kopi Bikin Cantik

Pecinta kopi tahu minuman berwarna pekat ini bisa meningkatkan suasana hati. Ternyata bukan itu saja, tapi juga bisa bikin cantik.

Liputan6.com, Jakarta Pecinta kopi tahu minuman berwarna pekat ini bisa meningkatkan suasana hati. Ternyata bukan hanya itu saja, antioksidan yang terdapat dalam kandungan kopi juga bisa membuat indah rambut, kulit, dan lainnya.

Namun perlu diingat, meski minum kopi bagus tapi tetap lah pada batas yang dianjurkan, 400 mg kafein per hari untuk menghindari dehidrasi.

Dan berikut ini cara kopi membuat membuat Anda cantik, dilansir laman Prevention, Kamis (17/11/2016).

1. Mencerahkan wajah

Seorang dokter kulit di dermatologi holistik, Beverly hills, CA, Julia Hunter M.D percaya kehadiran antioksidan pada kopi dua kali lipat. "Minum kopi adalah salah satu bagian dari teka-teki, yang lainnya bisa untuk kulit Anda."

Dengan menggosokkan kopi ke wajah dapat membantu mencerahkan kulit, mencegah pori-pori tersumbat, dan melembutkan garis pada wajah. Menurut Hunter, asam dalam kopi memberikan pengelupasan kimia di atas pengelupasan kulit mekanik.

Hal ini dapat membantu meningkatkan pelindung kulit. "Itulah yang membuat Anda tetap sehat ketika bakteri, virus, dan jamur mendarat di kulit selama 24 jam tujuh hari," tambahnya.

Untuk membuat scrub kopi: Masukkan bubuk kopi dalam mangkuk dan seduh dengan air hangat. Biarkan bubuk kopi tenggelam ke dasar mangkuk, tambahkan garam epsom. Cuci wajah Anda dengan air kopi sambil menggosokkan ke kulit. Setelah itu bilas dengan air.

2. Meningkatkan warna rambut

Mungkin Anda pernah mendengar tentang trik rambut pirang menjadi lebih cerah dengan teh chamomile. Nah, jika Anda berambut cokelat, pertimbangkan untuk menggunakan espresso.

"Bubuk kopi dicampur dengan air menjadi pasta, dan oleskan pada rambut. Diamkan sesaat, kemudian kemaras. Lihatlah hasilnya," kata Doug Macintosh, rambut colorist di Louise O'Connor Salon, New York City. "Keasaman kopi juga akan menghaluskan kutikula rambut, dan warna semakin bersinar."

3. Menangkal kanker kulit

Menurut hasil studi 2011 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, kopi dapat melindungi Anda dari luka bakar akibat kerusakan sinar matahari. Para peneliti menemukan bahwa kafein yang dioleskan membantu melindungi terhadap beberapa jenis kanker kulit pada tingkat molekuler dengan menghambat enzim protein dalam kulit.

4. Mata lelah

Krim mata yang menjanjikan akan menghilangkan kantong di bawah mata atau memudarkan lingkaran gelap mungkin mengandung kafein. "Jika Anda meletakkan kopi di permukaan kulit, membuat kencang pembuluh darah," kata Hunter.

"Daerah di bawah mata adalah saluran limfatik yang mengalir buruk. Dan kafein membantu mengeluarkan air." Sedangkan lingkaran hitam, lanjutnya, "Seperti usia, kulit di bawah mata lebih tipis sehingga lebih mudah untuk melihat pembuluh darah. Efek penyempitan pada pembuluh bisa dibantu dengan kopi. Lihatlah hasilnya setelah 30 menit hingga satu jam."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.