Sukses

Cara Tradisional Perangi Demam Berdarah

Berbagai cara tradisional dan sederhana bisa digunakan untuk memerangi demam berdarah. Di Grobogan, Jateng, warga membuat pengasapan berbahan daun mahoni dan daun pepaya.

Liputan6.com, Grobogan: Keterbatasan sering membuat kita kreatif. Salah satu tindakan yang tergolong kreatif dilakukan warga Desa Jangkungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, baru-baru ini. Guna memerangi demam berdarah, warga membuat pengasapan dengan bahan daun mahoni dan daun pepaya.

Warga biasanya mencampur dua daun tersebut dengan dahan kering, kemudian dibakar. Asap yang timbul lalu dibawa keliling kampung untuk mengusir nyamuk.

Perang terhadap demam berdarah juga dilakukan masyarakat Belu, Nusa Tenggara Timur. Dinas Kesehatan setempat membagikan kelambu pada warga. Sasaran utama pengasapan adalah warga yang masih balita dan ibu hamil. Selain untuk mencegah demam berdarah, kelambu juga dapat memerangi malaria.

Apa pun yang dilakukan warga untuk memerangi demam berdarah, agar lingkungan tetap sehat, harus dibersihkan dengan rutin.(OMI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.