Sukses

Bau Mulut Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan proses dalam tubuh tidak berjalan normal.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi adalah rasa haus yang berlebihan, mulut kering serta warna air kencing yang kuning pekat. Tubuh memang membutuhkan cairan untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan normal.

Dehidrasi dapat menyebabkan proses dalam tubuh tidak berjalan normal. Dehidrasi yang berat dapat menyebabkan penyakit yang serius seperti stroke, kelelahan ekstrem, dan dalam kasus yang berat dapat mengakibatkan kematian.

Anjuran yang tepat untuk memenuhi asupan cairan tubuh adalah minum delapan hingga sembilan gelas air putih per hari. Namun, tidak semua orang memenuhi anjuran ini sehingga Anda dapat mengalami dehidrasi tanpa disadari.

Meskipun terdengar aneh, namun beberapa gejala berikut merupakan tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi seperti dilansir Self, Rabu (16/11/2016).

1. Kulit menjadi kering dan tidak elastis

Dehidrasi menurunkan elastisitas pada kulit Anda. Ini berarti dehidrasi dapat membuat kulit kering. Sehingga, ketiadaan kelembapan kulit yang cukup dapat membuat kulit Anda kehilangan elastisitas.

2. Bau mulut

Saliva atau air liur memiliki sifat antibakteri. Jika Anda dehidrasi, kadar air liur Anda turun dan begitu pula kemampuan mulut Anda untuk melawan kuman penyebab bau mulut. Jika tiba-tiba mulut Anda bau tanpa sebab, cobalah perbanyak minum air.

 

Berhenti berkeringat

3. Berhenti berkeringat

Tidak keringatan mungkin saja merupakan pertanda Anda tidak mengalami dehidrasi. Namun, menurut Medical Director Emergency Department di New Jersey, Anthony J. Brutico, kondisi tersebut bisa jadi pertanda Anda mengalami serangan panas atau heat stroke.

Ini bisa terjadi karena volume cairan yang sangat rendah pada tubuh sehingga membuatnya mencoba untuk berpegangan pada apa yang Anda miliki. Jika kondisi ini terjadi, Anda harus segera menemui dokter.

4. Merasa bingung

Merasa bingung bisa jadi pertanda beberapa hal. Tapi, jika Anda tidak banyak minum air hari ini, bisa jadi pertanda Anda mengalami dehidrasi. Ini biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba, kecuali Anda berkeringat sangat banyak dalam sehari. Selain itu, kondisi yang perlu dikhawatirkan adalah jika Anda bertingkah seperti bukan diri sendiri, mata berkunang-kunang seakan mau pingsan atau pingsan. Ini pertanda Anda kekurangan cairan.

5. Tiba-tiba inginkan makanan tertentu

Hati Anda membutuhkan air untuk berfungsi baik. Ketika hati tidak mendapatkan asupan cairan, ini akan memberi sinyal ke otak  bahwa tubuh membutuhkan energi. Tak hanya merasa kehausan, dehidrasi juga bisa menyebabkan Anda kelaparan dan menginginkan atau ngidam makanan tertentu.

Untuk menghindari dehidrasi, cobalah untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda. Tambahkan cairan elektrolit untuk memenuhi cairan tubuh Anda. Sebaiknya, hindari minuman bersoda karena kandungan di dalamnya dapat membuat Anda merasa terus kehausan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini