Sukses

4 Area Tidak Biasa Jerawat Tumbuh

Bukan pipi, dahi, atau dagu. Jerawat bisa tumbuh di tempat tidak biasa. Apa saja?

Liputan6.com, New York- Biasanya jerawat tumbuh di area mana? Mungkin ada yang menjawab pipi, dahi, dagu. Ya, itu tempat jerawat biasa tumbuh. Namun, ada potensi jerawat tumbuh di tempat tidak biasa.

Percaya tidak, jerawat bisa muncul di dalam lubang hidung? Ya, jerawat bisa muncul di tempat tersebut. Serta area lainnya di sekitar wajah seperti mengutip Women's Health, Rabu (16/11/2016).

1. Telinga

Bagian tubuh yang satu ini memiliki kelenjar sebaceous yang berpotensi sebagai tempat tumbuh jerawat. Potensi jerawat tumbuh makin besar bila pori-pori tersumbat debu maupun kotoran seperti diungkap dokter spesialis kulit dan kelamin, Eric Schweiger.

2. Lubang hidung

Ya, jerawat bisa muncul di lubang hidung atau bisa juga disebut sebagai intranasal acne. Schweiger mengungkapkan kondisi ini terjadi bila folikel rambut dalam lubang hidung mengalami iritasi atau ada peradangan.

Jika memang tumbuh jerawat dalam hidung, hindari menggaruknya. "Untuk mengatasi jerawat di lubang hidung, gunakan antibiotik semprot," kata Schweiger.

Kulit kepala

3. Kulit kepala

Penyebab muncul jerawat di kulit kepala sama seperti di wajah, yakni akibat penyumbatan pori-pori. Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih, bisa terjebak di pori-pori lalu penggunaan produk perawatan rambut seperti serum dan hari spray juga bisa.

Salah satu cara mencegah jerawat muncul di kulit kepala yakni dengan menjaga kebersihan kulit kepala. Mengenai sampo, pilih yang mengandung asam salisilat.

4. Alis

Bagi wanita jerawat di alis amat mengganggu karena tidak bisa melukis alis. Jika memaksa melukis menggunakan pensil alis, akan membuat kesakitan. Sehingga saat jerawat muncul di alis, artinya 'puasa' menggambar alis.

Menurut Schweiger, penggunaan produk kecantikan di area mata seperti eye shadow dan pensil alis atau gel alis yang tidak segera dibersihkan bisa memicu jerawat. Lalu, rambut area depan yang kotor atau produk perawatan rambut yang mengenai bagian alis bisa memicu jerawat muncul.

"Jika muncul jerawat di alis atasi dengan mengoleskan minyak pohon teh semalaman," pesan Schweiger.

Jika jerawat sudah mengempis, biasakan untuk rutin membersihkan area tersebut setiap malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.