Sukses

Bayi Baru Lahir, Jangan Biarkan Terlalu Lama di Car Seat

Jika lebih dari 30 menit, bakal membahayakan nyawa bayi.

Liputan6.com, New York- Penelitian terbaru mengungkap, bayi berusia di bawah empat minggu hanya boleh berada berada di car seat maksimal 30 menit. Jika lebih dari itu, bakal membahayakan nyawa bayi.

Peneliti dari Bristol University, Inggris, Peter Flemming mengatakan bayi baru lahir belum memiliki otot-otot leher yang kuat untuk menyangga tubuh saat mobil bergerak. Lalu, getaran saat mobil bergerak memperkuat risiko bayi mati lemas seperti mengutip Good Housekeeping, Selasa (15/11/2016).

Fakta ini diketahui dengan melakukan studi menggunakan bayi tiruan duduk di car seat seolah-olah mobil bergerak. Setelah itu, dihitung detak jantung dan tingkat oksigen dalam darah. Setelah satu jam duduk di kursi rupanya oksigen darah turun dan detak jantung menurun. Ini merupakan tanda-tanda bayi tertekan.

Selama ini perusahaan mobil mengungkapkan bayi bisa duduk di car seat selama dua jam, tapi dokter mengatakan baiknya hanya setengah jam. Jika memang perjalanan lebih dari 30 menit, dokter menyarankan ada orang dewasa yang memantau napas si kecil. Namun ada baiknya untuk menghindari membawa bayi bila dalam perjalanan panjang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.