Sukses

Susah Konsentrasi? Pelajari Pemicu dan Pemulihannya Disini

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan teknologi di dunia modern ini mungkin tidak sepenuhnya baik bagi kesehatan otak kita. Meski tidak secara langsung menyerang fungsi kognitif manusia, namun teknologi telah membuat banyak dari kita kehilangan konsentrasi atau daya fokus mengurang secara drastis.

Tidak bisa dipungkiri bahwa, keunikan tayangan yang disajikan oleh berbagai macam media, baik lewat saluran televisi atau layar komputer, membuat kita teralihkan dari hal-hal yang sebetulnya kita sedang lakukan.

Kita bisa menghabiskan waktu 5 menit membaca buku kemudian 5 menit berikutnya menonton acara tv seri drama kesukaan kita. Hal ini pasalnya dilakukan berulang kali sampai akhirnya kita betul-betul kehilangan fokus secara keseluruhan.

Penelitian yang dilakukan Microsoft menemukan fakta bahwa rata-rata durasi manusia bisa berkonsentrasi di era modern ini hanyalah berkisar antara 5 sampai 8 detik. Ini berarti selama ini kebanyakan dari kita tidak bisa fokus akan satu hal dan kerap kali memikirkan lebih dari dua hingga tiga hal secara bersamaan.

Tidak heran jadinya kalau rasa pusing dan juga kelelahan berlebihan sering melanda. Ini dikarenakan waktu yang kita sisihkan untuk memikirkannya melampaui batas dan kapasitas kemampuan otak kita.

Alangkah baiknya apabila seseorang melakukan hal berikut ini agar konsentrasi bisa kembali dipulihkan secara perlahan-lahan dan juga dirinya bisa terhindar dari rasa pening mendadak.

Melansir ABC News, Selasa (15/11/2016), berikan diri waktu istirahat 2 kali selama 10 menit dalam kurun waktu sejam di sela beraktivitas. Tutup kedua mata, atur pernapasan dan pastikan pikiran hanya terfokus pada proses yang terjadi dalam tubuh yaitu, bernafas.

Hal ini dipastikan berujung positif dengan konsentrasi seseorang bisa meningkat secara perlahan-lahan.

Artikel Selanjutnya
Tarot of the Week: Pentingnya Sabar dalam Mengambil Keputusan
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Cara Agar Tidur Nyenyak Saat Hamil?