Sukses

6 Bahan Rumahan Ini Bantu Cerahkan Bibir Atas yang Gelap

Bibir bagian atas biasanya lebih gelap dibanding bibir bagian bawah.

Liputan6.com, Jakarta Lipstik biasanya digunakan oleh kaum wanita untuk menutupi warna asli bibir yang menghitam. Bibir bagian atas biasanya lebih gelap dibanding bibir bagian bawah.

Hal-hal seperti paparan sinar matahari dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit bibir atas menjadi lebih gelap. Ini karena kulit bibir bagian atas sangat sensitif dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Jika khawatir menerapkan produk berbahan kimia untuk mencerahkan kulit bibir, cobalah cara alami berikut yang memiliki manfaat sama untuk membuat bibir cerah dan merah kembali.

1. Scrub pakai gula

Pengangkatan sel-sel kulit mati dengan scrub gula buatan sendiri efektif memperbaiki kondisi bagian bibir atas yang menghitam. Penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran memang dapat menyebabkan daerah bibir atas Anda lebih gelap. Campur gula dengan lemon dan madu, dan lakukan scrub pada bagian yang gelap. Lakukan ini seminggu sekali.

2. Perasan air lemon

Lemon memiliki sifat yang dapat mencerahkan kulit. Secara perlahan, gosok air perasan lemon segar pada daerah yang gelap setiap hari. Karena lemon cenderung menyebabkan kekeringan, sebaiknya gunakan pelembap yang ringan setelah mengaplikasikan lemon.

Jus mentimun

3. Jus mentimun

Mentimun mengandung pemutih yang cocok untuk mengatasi kulit bibir yang gelap. Ekstrak jus segar dari mentimun dapat dioleskan langsung ke daerah bibir dengan kapas. Ulangi proses ini 2-3 kali sepanjang hari dan biarkan semalaman untuk hasil yang maksimal.

4. Jus wortel

Selain mentimun, jus wortel segar sarat dengan vitamin A dan senyawa lain yang kuat sehingga efektif mencerahkan kulit yang gelap. Terapkan jus ini setiap hari pada bibir atas untuk mencerahkannya kembali.

5. Masker tepung beras dicampur yoghurt

Campurkan 1 sendok makan tepung beras dengan 1 sendok teh yoghurt hingga membentuk pasta halus. Lalu, oleskan pasta ke seluruh daerah bibir atas dan biarkan kering selama 15 menit sebelum dicuci. Gunakan ramuan ini 2-3 kali seminggu.

6. Madu organik

Cara sederhana lain dan efektif mencerahkan bibir atas Anda adalah dengan menerapkan madu organik setiap hari. Ambil beberapa tetes madu dan oleskan di bagian yang gelap. Diamkan selama 20 menit sebelum dicuci bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan dua kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.