Sukses

5 Cara Atasi Kulit Kering

Anda tak perlu seorang ahli untuk memberitahu jika kulit Anda kering.

Liputan6.com, Jakarta Anda tak perlu seorang ahli untuk memberitahu jika kulit Anda kering. Rasakan sendiri seperti bersisik pada kaki, punggung, lengan, atau pinggang. Dan rasa gatal pun membuat Anda tak tahan untuk menggaruknya. Akibatnya infeksi atau menimbulkan bekas luka permanen.

Saat mendatangi dokter untuk mencegah kulit kering, dia pun menyarankan untuk memakai pelembap dengan alpha hydroxy acids (AHA), yang berasal dari susu, buah atau tebu. Dan AHA pun melakukan tugas ganda.

"AHA menghapus kulit kering, mati, berkerak, kulit bersisik, serta dapat melembapkan kulit," kata Susan C. Taylor, M.D, asisten profesor klinis kedokteran di Departemen Dermatology di University of Pennsylvania School of Medicine, Philadelphia.

Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah mandi dengan shower air hangat, dan sabun ringan. Suhu air harus hangat kata Dr Harkaway M.D, instruktur klinisi dermatology di University of Pennsylvania School of Medicine dan dokter kulit di Rumah Sakit Pennsylvania, Philadelphia. "Jika kulit Anda kering, tinggalkan sabun antibakteri yang kuat."

"Ada banyak yang bisa dilakukan perempuan agar kulitnya tak kering," kata Mary Lupo, MD, profesor klinis dermatologi di Tulane University School of Medicine di New Orleans. "Sebuah generasi baru dari pelembap dan produk kulit yang tersedia dapat membantu kulit kering. Sehingga tidak perlu menjadi masalah lagi."

Beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar kulit tak kering, dilansir laman Prevention, Selasa (15/11/2016).

1. Susu

Jika kulit kering datang di musim dingin membuat Anda tak tahan untuk menggaruknya. "Pergi ke lemari es dan ambil satu liter susu. Tuang ke dalam mangkuk atau baskom, celupkan sepotong kain dalam susu dingin, dan letakkan pada kulit kering selama lima menit," terang Dr Taylor.

Susu memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menghilangkan gatal, juga menghentikan siklus gatal. "Susu sangat menenangkan pada kulit," tambah Dr Harkaway. "Beberapa susu mengandung asam laktat, yang bermanfaat bagi kulit."

2. Krim

Untuk kulit gatal, dan kering, pelembap terbaik adalah salah satu yang tebal dan berat. "Berair, lotion wangi berguna untuk kulit kering," kata Diane L. Kallgren, MD, seorang dokter kulit di Boulder, CO. Dia pun menyarankan untuk memakai krim yang kuat, tebal, atau emolien.

3. Lembakan saat lembap

Waktu terbaik dari semua krim wajah dan tubuh adalah setelah mandi. Ketika Anda masih basah, dan kulit masih lembap, kata Dee Anna Glaser, MD, asisten profesor dermatologi di St Louis University School of Medicine.

4. Pakai pelembap malam hari

Perawatan sebaiknya dilakukan semalam kata Dr Glaser, "Akan membuat kulit kering menjadi sangat berbeda ketika bangun keesokkan harinya."

"Pertama, rendam dalam bak suam-suam kuku, sehingga kulit sepenuhnya terhidrasi. Keluar dari bak mandi, biarkan setengah kering kemudian oleskan lapisan minyak."

5. Lapiskan bagian yang super kering

Seringkali kulit sangat kering pada tumit, tangan dan siku. Tapi Anda bisa menutupinya dengan krim, kata Dr. Glaser. Saat tidur memakai sarung tangan, membuat tidur menjadi lebih tebal. Kaki ditutupi kaus kaki pun akan membuat tumit lebih pecah-pecah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini