Sukses

3 Cara Cegah Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah suatu kondisi dimana jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi karena tubuh tidak bisa menggunakannya secara benar.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes adalah suatu kondisi dimana jumlah glukosa di dalam darah terlalu tinggi akibat tubuh tidak mengelola sekaligus memprosesnya dengan benar.

Secara mendetil, yang dimaksud dengan proses tidak benar adalah tubuh Anda tidak bisa memproduksi cukup insulin untuk membantu glukosa masuk ke sel-sel tubuh, ataupun insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan benar (resistensi insulin).

Jika Anda mengalami peningkatan gula darah dan berisiko mengalami diabetes tipe 2, Anda mungkin masih bisa mencegahnya dengan melakukan gaya hidup sehat dan meminum obat yang tepat.

Dilansir dari Mayoclinic, Senin (14/11/2016), berikut ini adalah cara mencegah diabetes seperti yang disarankan oleh American Diabetes Association:

1. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin akan memberikan banyak manfaat pada tubuh Anda, seperti menurunkan berat badan, menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap kadar insulin dalam tubuh. Ini penting karena bisa membantu kita menjaga gula darah dalam rentang yang normal. Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes.

2. Konsumsi banyak serat

Asupan serat yang banyak dapat membantu mengurangi risiko diabetes karena meningkatkan kontrol terhadap gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, serta dapat menurunkan berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.

3. Jangan lakukan fad diet dan buat pilihan makanan yang lebih sehat

Fad diet mungkin akan membantu menurunkan berat badan secara cepat, namun karena diet ini seringkali membuat kita mengabaikan asupan nutrisi penting bagi tubuh, maka diet ini tergolong efektif untuk mencegah diabetes dan juga tidak sehat bagi tubuh Anda. Lebih baik, buat rencana makan yang sehat dengan tetap mengontrol setiap makanan yang dikonsumsi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.