Sukses

Istri Hamil, Suami Ikut Kurang Tidur

Kurang tidur pada wanita hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur, preeklampsia, dan melahirkan secara caesar.

Liputan6.com, New York- Pada saat hamil, banyak wanita yang mengeluhkan sulit tidur sehingga kualitas tidur berkurang. Rupanya, suami juga mengalami hal sama. 

Fakta ini diketahui lewat studi yang melibatkan 1.667 calon ibu dan 1.498 calon ayah di Finlandia. Sekitar 10 persen wanita hamil melaporkan alami insomnia, sementara enam persen pada pria. Namun, lebih banyak pria yang kurang tidur yakni 10 persen dibanding wanita hamil di angka lima persen.

Pada wanita hamil, kurang tidur akibat ada kejadian yang tidak menyenangkan dan hal-hal membuat mereka depresi. Sementara pada pria lebih pada pengaruh umum seperti kesehatan, pendidikan, dan jumlah anak di rumah.

"Hasil penelitian ini in line dengan studi sebelum-sebelumnya pada wanita hamil. Sebagian merasa sulit tidur sering terbangun di malam hari, dan mengungkapkan kualitas tidur buruk," kata salah satu peneliti, Tiina Paunio, dari Helsinki University Hospital.

Kondisi tidur tidak berkualitas pada wanita hamil serta calon ayah membuat mereka rentan terkena depresi dibandingkan yang tidurnya berkualitas seperti mengutip Fox News, Senin (14/11/2016).

Lewat hasil ini juga diketahui, lebih banyak wanita hamil di Amerika Serikat yang alami kurang tidur dibanding Finlandia. Menurut Jen Jen Chang dari Saint Louis University, Amerika Serikat, hal ini pengaruh dari status pekerjaan, jam kerja, dan jumlah anak.

Namun, perlu diingat bagi para wanita hamil tetap berusaha membuat tidurnya berkualitas. "Ketika ibu tidak cukup tidur, berdampak negatif pada perkembangan janin," kata Chang

Kurang tidur maupun tidur terganggu pada wanita hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur, preeklampsia, melahirkan secara caesar, serta depresi post partum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.