Sukses

3 Tips Agar Kalori Banyak Terbakar Meski Hanya Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan latihan kardio yang dapat membakar banyak kalori. Anda yang ingin kurus dapat rutin berjalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta Jika ingin menurunkan berat badan, ada tiga komponen latihan yang akan membantu Anda. Mulai dari kardio, latihan kekuatan (beban), serta mengonsumsi makan banyak sayuran dan buah-buahan.

Untuk kardio, Anda dapat berjalan kaki yang juga dapat meningkatkan detak jantung. Latihan ini sangat mudah dilakukan, karena Anda hanya memerlukan sepasang sepatu. Namun, latihan ini juga memiliki kekurangan, karena jika Anda hanya berjalan dengan kecepatan yang lambat, maka latihan ini tak akan efektif membakar banyak kalori.

Lebih baik, coba tiga hal di bawah ini untuk membuat olahraga berjalan kaki lebih efektif sehingga dapat membakar lebih banyak kalori, seperti dikutip dari situs Today, Minggu (13/11/2016):

1. Menaiki bukit

Untuk membakar lebih banyak kalori, coba jalan menaiki bukit. Pertama-tama, pilih bukit dengan jarak tempuh 30 sampai 60 menit agar bisa sampai di atas. Kemudian atur timer Anda dan naiki bukit tersebut secepat yang Anda bisa. Ulangi aktivitas ini sebanyak tiga hingga lima kali.

2. Tambahkan beban

Daripada memakai pemberat yang digunakan di kaki, lebih baik gunakan rompi pemberat. Mengapa? Karena pemberat yang digunakan di kaki dapat membuat Anda terjatuh akibat tubuh yang sulit seimbang. Sedangkan rompi pemberat, tidak. Selain itu, rompi juga akan mendistribusikan beban lebih merata ke tubuh dan akan lebih banyak membakar kalori. Namun jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda memiliki masalah pada pergelangan kaki, punggung, atau lulut.

3. Lakukan interval


Daripada berjalan dengan kecepatan yang sama terus-menerus, lebih baik tambahkan kecepatan berjalan sedikit demi sedikit. Percaya atau tidak, hal ini akan membuat Anda membakar lebih banyak kalori daripada hanya berjalan kaki dengan kecepatan yang sama terus menerus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.