Sukses

4 Kebiasaan yang Dianggap Normal Tapi Bikin Cepat Tua

Melakukan kegiatan di bawah ini normal-normal saja, tetapi tidak banyak yang tahu bikin cepat tua.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda bukan perokok atau jarang minum alkohol, namun sebenarnya masih ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan Anda cepat tua.

Untuk mengetahui apakah Anda pernah melakukan kebiasaan tak sehat yang bisa membuat Anda cepat tua di kehidupan sehari-hari, di bawah ini merupakan daftar kebiasaan buruk tersebut seperti yang dikutip dari Cheatsheet, Senin (14/11/2016):


1. Tidak cukup tidur

Anda mungkin menganggap bahwa tidur hanya lima jam atau kurang setiap malam tidak berpengaruh pada penampilan Anda. Padahal sebuah studi telah menunjukkan, seseorang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup akan mengalami tanda-tanda penuaan kulit, termasuk garis halus, pigmentasi kulit yang tidak rata, dan berkurangnya elastisitas kulit.

Jika Anda tidak mau tua lebih cepat, dapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, setidaknya tujuh jam setiap malam, agar Anda awet muda.

2. Makan terlalu banyak gula

Minuman manis tidak hanya berpengaruh pada ukuran pinggang Anda, tetapi juga pada penampilan. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada 2013 dengan melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita, menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki asupan gula dengan kadar yang tinggi, penampilannya terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

3. Selalu stres

Stres tidak hanya mengacaukan pola tidur dan meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi juga dapat membuat penampilan Anda sepuluh kali lebih tua dari usia sebenarnya.

Jika pekerjaan Anda membuat stres, coba lakukan meditasi dan latihan pernapasan untuk mengembalikan suasana hati Anda sehingga stres jadi berkurang.

4. Diet yang tidak baik

Jika Anda suka melakukan program diet yang mengharuskan Anda berpuasa dalam waktu yang tidak semestinya, hentikan ini. Lebih baik buat rencana makan yang sehat dan rutin melakukan olahraga untuk kesehatan yang lebih baik dan penurunan berat badan yang lebih sehat.

Jenis diet ini dapat membuat Anda cepat tua karena tubuh tidak mendapatkan lemak esensial yang sebenarnya dibutuhkan kulit untuk dapat menjaga kelembabannya. Selain itu Anda pun juga tidak mendapatkan antioksdian yang cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan kerusakan lainnya. Sehingga Anda cepat tua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini