Sukses

6 Hal yang Bakal Dirasa Setelah Berhenti Minum Alkohol

Apa saja yang bakal dirasakan oleh peminum yang tidak lagi minum minuman beralkohol?

Liputan6.com, Jakarta Minum minuman alkohol terlalu banyak dapat memberikan efek buruk bagi tubuh kita. Termasuk efek inflamasi pada organ-organ tubuh yang berpotensi merusak DNA.

Selain itu, jika terlalu sering minum alkohol secara berlebihan, besar sekali kemungkinan bagi peminum mengidap kanker, diabetes, dan penyakit hati. Selain efek tidak menyenangkan yang biasa dirasakan sehabis menenggak minum minuman alkohol, seperti suasana hati yang buruk, mengidam gula, tidur malam yang buruk, kulit kering, dan konsentrasi berkurang.

Ahli Diet ternama di Inggris, Jenny Champion mengatakan, tubuh kita sebenarnya bisa sehat kembali dan terhindar dari dampak minum minuman alkohol apabila kita mulai menghentikan kebiasaan buruk itu. Semakin lama Anda tidak minum minuman alkohol, semakin kuat dan sehat pula tubuh dan kulit Anda.

Berikut hal-hal luar biasa yang terjadi pada tubuh jika Anda berhenti minum minuman alkohol, seperti yang diungkapkan Jenny Champion, dikutip dari Byrdie, Senin (14/11/2016)

Pankreas bekerja dengan optimal

Satu jam setelah Anda minum minuman alkohol, pankreas akan bekerja secara berlebihan yang kemudian akan memproduksi banyak insulin, yang menyebabkan peminum sangat mendambakan makanan dengan karbohidrat tinggi. Berat badan peminum pun rentan mengalami kenaikkan. 

Ketika Anda berhenti melakukan kebiasaan buruk itu, pankreas akan berfungsi dengan normal. Tubuh Anda pun memiliki kemampuan mengerem karbohidrat berlebihan masuk ke dalam tubuh.

Gula Darah Normal Kembali

Gula darah bisa normal kembali karena tubuh memiliki kemampuan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Setelah tidak lagi minum minuman alkohol, ganti kebiasaan mengemil dengan menyantap buah-buahan dan sayuran. Biasakan untuk minum cukup air putih.

Tidak memiliki keinginan mengamil makanan tidak sehat

Hasrat untuk mengidam berhenti di 72 jam setelah tidak lagi minum minuman alkohol. Anda kembali bugar baik secara fisik maupun mental.

Tidur lebih nyenyak

Satu minggu setelah berhenti minum minuman alkohol, Anda akan merasakan tidur malam yang lebih nyenyak dan berkualitas. Anda merasa memiliki energi lebih begitu bangun di pagi hari.

Lemak di perut berkurang

Lemak hati Anda berkurang 15 persen, sehingga kemampuannya untuk menyaring racun meningkat. Lemak di perut juga berkurang.

“Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The International Journal of Cosmetic Science, peningkatan paling signifikan setelah berhenti minum alkohol pada tahap ini ialah kulit yang semakin sehat,” tuturnya.

Risiko kanker mulut tidak terjadi

Satu tahun setelah berhenti minum alkohol, lemak perut secara signifikan rata-rata berkurang 13 pons. Bahkan risiko kanker mulut, hati, dan payudara menurun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini