Sukses

Waspadai Infeksi Saluran Kemih Akibat Menahan Kencing Usai Seks

Tiga hal ini menjawab mengapa wanita bisa alami infeksi saluran kemih.

Liputan6.com, Jakarta Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada wanita bisa terjadi kapan saja dan di segala usia. Meski ada banyak cara untuk mencegah kondisi ini, tetapi penting untuk mengetahui lebih lanjut mengapa wanita bisa mengalami ISK ini.

Kondisi ini tidak saja terjadi akibat aktivitas seks saja, melainkan beberapa hal lainnya seperti tidak pipis usai bercinta hingga dehidrasi. Seperti dikutip laman Cosmopolitan, Minggu (13/11/2016) tiga hal ini menjawab mengapa wanita bisa alami ISK.

1. Tidak kencing usai bercinta

Pastikan untuk selalu buang air kecil usai bercinta. Menurut Maura Quinlan, MD, obgyn dari Chicago mengatakan bahwa dengan cara itu akan mengeluarkan bakteri di dalam vagina, "Bukan dengan membiarkannya dan menginfeksi saluran kemih Anda".

2. Akibat semprotan vagina

Penggunaan dari parfum atau semprotan vagina mungkin akan menciptakan aroma yang sedap, tetapi produk ini justru akan membahayakan vagina.

"Meski mereka memiliki label yang mewah dan terlihat seperti produk yang diperlukan dan dapat membersihkan vagina, tapi itu tidak benar," kata Quinlan.

3. Kurang minum air putih

Dehidrasi ternyata dapat menyerang saluran kemih. Quinlan mengatakan ketika seseorang banyak atau cukup mengonsumsi air putih, maka seluruh bakteri dalam tubuh termasuk bakteri di organ intim dapat keluar dengan baik dan terhindar dari infeksi saluran kemih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.