Sukses

4 Kondisi yang Menyebabkan Mata Bengkak pada Anak

Mata bengkak yang terjadi pada anak karena hal-hal berikut ini. Cari tahu apa saja penyebab mata bengkak pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Mata bengkak juga bisa menimpa seorang anak. Penyebab mata bengkak pada anak hampir sama dengan yang dialami orang dewasa. Bisa karena trauma, infeksi, atau masalah kesehatan lainnya.

Berikut penyebab mata bengkak pada anak seperti dikutip dari Live Strong pada Jumat (11/11/2016).

1. Infeksi

Bakteri dan virus merupakan penyebab paling umum mata bengkak pada anak. Konjungtivitas merupakan infeksi umum yang terjadi pada mata di bagian yang warna putih, dan dapat menyebabkan pembengkakkan di kelopak mata.

Biasanya dimulai dengan mata yang agak kemerahan atau kekuningan. Mata anak mungkin gatal atau terbakar, kemudian menghasilkan air mata tambahan. Konjungtivitas mudah sekali menyebar di tubuh anak karena teknik mencuci tangan yang buruk.

2. Selulitis

Selulitis adalah infeksi umum pada kulit dan jaringan lunak di bawah kulit. Ini terjadi ketika bakteri menyerang kulit yang rusak atau normal dan mulai menyebar di bawah kulit serta ke dalam jaringan lunak. Akibatnya bisa terjadi infeksi dan peradangan.

Periorbital dan orbital selulitis juga dapat menyebabkan mata bengkak. Selulitis periorbital adalah infeksi bakteri yang biasanya didahului oleh infeksi sinus pada anak. Bakteri menginfeksi kulit di sekitar mata, termasuk kelopak mata. Kondisi terus memburuk dan berkembang serius menjadi selulitis orbital jika infeksi terjadi di belakang mata sehingga terjadilah abses.

Selulitis periorbital membutuhkan antibiotik, tetapi selulitis orbital perlu antibiotik intravena jangka panjang atau intervensi bedah. Konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

3. Trauma

Trauma langsung yang terjadi di mata juga dapat menyebabkan mata bengkak. Trauma yang terjadi pada mata di kalangan anak-anak biasanya disebabkan pensil atau benda tajam lainnya. Belum lagi serangga dan kutu.

4. Alergi

Anak-anak rentan mengalami mata berair, mata gatal, dan bisa juga memiliki reaksi yang berbeda akibat alergi terhadap obat-obatan atau produk makanan tertentu. Sering menggosok bagian mata untuk mengurangi rasa gatal dapat menyebabkan mata bengkak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini