Sukses

Peringan Mata Bengkak dengan 7 Pengobatan Rumahan

Liputan6.com, Jakarta Mata bengkak atau pembengkakan pada kelopak mata dapat terjadi karena banyak hal. Pembuluh darah memenuhi area kelopak mata, kurang tidur, dan alergi juga disebut dapat membuat mata jadi bengkak.

Mata bengkak yang terjadi dalam jangka waktu yang lama mungkin karena ada masalah yang hanya bisa dicari tahu lewat penanganan medis. Namun, jika terjadi hanya sesekali, dan bisa diobati tidak memiliki efek samping.

Berikut pengobatan rumahan untuk mata bengkak yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari situs Find Home Remedy pada Jumat (11/11/2016).

1. Minum air

Kekurangan air bisa menyebabkan dehidrasi. Mata bengkak juga bisa terjadi akibat menimbunan air di kelopak mata yang tak bisa mengalir rata ke tubuh karena kurangnya cairan.

Dengan minum banyak air putih, dianjurkan setidaknya delapan gelas atau sesuai kebutuhan masing-masing individu, dapat mencegah retensi air di sekitar mata.

2. Mentimun

Mengempiskan mata bengkak bisa dengan menaruh potongan mentimun di kelopak mata. Mentimun dipercaya dapat menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata dan dapat mengurangi pembengkakan pada mata.

3. Kompres air es

Ambil beberapa es batu dan bungkuslah dengan kain yang tipis. Tekan pelan-pelan di bagian mata yang bengkak selama 15 menit guna menyempitkan pembuluh darah di sekitar mata. Memercikkan air dingin pada mata juga bisa membantu menyempitkan pembuluh darah yang bengkak.

4. Ketumbar

Ketumbar yang memiliki sifat pendingin cocok digunakan untuk merawat mata bengkak. Taruh ketumbar ke dalam kain katun tipis lalu rendam untuk mendapatkan airnya. Diamkan selama beberapa jam. Air ketumbar dapat digunakan untuk membilas mata.

5. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan juga menenangkan. Dengan rutin meminum teh chamomile dapat menghilangkan iritasi mata dan mata bengkak.

6. Masker mata

Masker mata dapat digunakan untuk mengobati mata bengkak karena dampak dari iritasi yang terjadi pada pembuluh darah di sekitar kulit sehingga menghasilkan bengkak. Menggunakan masker mata dapat membantu mengurangi mata bengkak.

7. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat penyembuhan yang dapat digunakan untuk mengobati mata bengkak. Cukup dengan mencampurkan gel lidah biaya dengan sedikit minyak vitamin E lalu dioleskan ke bagian mata yang bengkak, kondisi mata pun normal kembali.

Artikel Selanjutnya
Bebaskan Mata Panda dengan 2 Buah Segar Ini
Artikel Selanjutnya
Menangis Ada Untungnya, Mata Jadi Lebih Sehat