Sukses

Trik Sederhana Mengingat Nama Orang yang baru Dikenal

Berikut adalah empat trik sederhana yang dapat membantu Anda mengingat nama orang yang baru dikenal.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda menghabiskan 10 hingga 15 menit berbicara dengan seseorang yang namanya sebetulnya tidak Anda ingat sama sekali? Ini adalah situasi yang umumnya pernah dialami semua orang dan tidak sedikit jumlah mereka yang berpura-pura tahu lantaran merasa tidak enak kalau berkata jujur.

Tapi, beberapa dari mereka yang pura-pura tahu juga sering terjebak ketika ditanya oleh orang tersebut, "Anda tahu kan saya siapa?". Biasanya, situasi menjadi tegang ketika kita ditanya begitu dan jawaban paling umum adalah "ya" tanpa ada kalimat berikut yang menyusulinya.

Jika orang tersebut tidak memberikan pertanyaan susulan seperti, "memang saya siapa kalau Anda betul-betul ingat?", maka Anda aman. Namun kalau iya, maka Anda mau tidak mau harus jujur atau asal sebut nama untuk mengakalinya.

Di lain kasus, banyak orang juga lupa akan nama orang lain yang baru ia kenal dan seringkali langsung mengiyakan atau mengangguk saat orang itu menyebut namanya padahal suaranya tidak kedengaran.

Terlepas dari upaya apa pun untuk menyiasati kondisi tidak mengenakan itu Anda sangat mungkin akan merasa malu dan pertemuan dengan orang tersebut di lain acara akan menjadi sangat canggung.

Ingin perbaiki daya ingat Anda agar terhindar dari situasi dan kondisi canggung seperti dua kasus di atas?

Dilansir dari Purewow, Jumat (11/11/2016), berikut adalah empat trik sederhana yang dapat membantu Anda mengingat nama orang, khususnya yang baru dikenal:

1. Ulangi nama mereka

Setelah mereka menyebutkan namanya, cepat ulangi dengan cara mengatakan, “senang berkenalan denganmu, (sebut nama mereka).” Selain itu ketika Anda sedang mengajukan pertanyaan, coba masukkan nama mereka di setiap akhir kalimat. Kemudian, ketika akan berpisah, ulangi nama mereka lagi.

2. Mengasosiasikan nama mereka

Mengasosiasikan nama seseorang dengan suatu hal atau sosok orang lain yang umum dan populer. Contohnya, nama selebriti atau nama benda yang tidak akan pernah luput dari memori Anda. 

3. Eja namanya

Jika mereka memiliki nama yang unik, minta mereka untuk mengeja namanya. Dengan begini Anda akan mendengar mereka mengulang namanya dan Anda pun akan mengingatnya huruf demi huruf.

4. Coba ingat kembali 

Ketika Anda mencoba mengingat nama seseorang, cobalah untuk fokus pada hal tersebut karena hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini