Sukses

5 Alasan Harus Makan Banyak Telur Setiap Hari

Makan banyak telur adalah cara fantastis untuk memberikan dorongan kesehatan pada diri Anda.

Liputan6.com, Jakarta Makan banyak telur adalah cara fantastis untuk memberikan dorongan kesehatan pada diri Anda. Makan telur utuh sangat penting, tapi kebaikan telur ditemukan pada warna kuningnya karena mengandung lebih dari 90 persen kalsium dan besi.

Sedangkan putihnya mengandung hampir setengah protein telur. Untuk itu ada lima alasan kenapa Anda harus mengonsumsinya setiap hari, dilansir laman Besthealthmag, Kamis (10/11/2016).

1. Vitamin

Dalam satu telur sedikitnya ada beberapa vitamin penting yang terkandung di dalamnya, di antaranya:

- Vitamin B2 (riboflavin), membantu tubuh untuk memecah makanan menjadi energi.
- Vitamin B12 (cobalamin), penting untuk memproduksi sel darah merah.
- Vitamin A (retinol), dapat melawan radikal bebas, dan menyebabkan jaringan dan kerusakan sel berisiko kanker.
- Vitamin A dan B2, penting untuk pertumbuhan. Pastikan anak-anak mengonsumsi telur secara teratur.

2. Menurunkan berat badan

Apakah Anda tahu bahwa makan telur dapat membantu menurunkan berat badan? Ini mungkin sebuah kejutan bagi mereka yang berpikir telur dapat membuat gemuk atau tidak sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rochester Center for Obesity Research menemukan makan telur untuk sarapan membantu membatasi asupan kalori sepanjang hari.

Meskipun telur mengandung kolesterol, namun berbeda dari kolesterol darah dalam tubuh. Belum ada bukti makan telur akan meningkatkan kadar kolesterol darah.

3. Mineral penting

Telur yang dikemas dengan zat besi, seng, dan mineral phosphorus yang penting bagi tubuh. Wanita membutuhkan banyak zat besi karena menstruasi. Jika tidak memiliki cukup banyak akan membuat lelah, dan marah-marah.

Zinc yang terkandung dalam telur juga menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu makanan menjadi energi. Begitu juga dengan fosfor yang menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Bonus lainnya, ada beberapa elemen mineral yang Anda butuhkan dalam jumlah kecil di telur seperti yodium dapat membantu membuat hormon tiroid, dan selenium, antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker.

4. Protein rendah kalori

Satu telur ukuran sedang mengandung 70-85 kalori, dan sekitar 6,5 gram protein. Ini berarti tiga telur mengandung 210-255 kalori dan menyediakan protein sebanyak 19,5 gram.

Rata-rata wanita membutuhkan sekitar 50 gram sehari, sehingga hampir setengah dari asupan harian Anda. Namun semua itu tergantung pada berat badan, dan tingkat aktivitas Anda.

Makan omelet Spanyol tiga telur, atau rebus sebagai teman roti bkar akan membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam.

5. Cegah kanker payudara

Penelitian oleh Universitas Harvard pada 2003 menemukan bahwa remaja yang makan telur bisa mencegah kanker payudara pada usia dewasa nanti.

pada 2005 studi lain menunjukkan bahwa perempuan makan setidaknya enam butir telur per minggu memiliki risiko 44 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang mengonsumsi dua atau lebih sedikir setiap minggunya.

Pada 2008, peneliti dari University of North Carolina menemukan kolin yang ada di kuning telur dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 24 persen. Kuning telur mengandung 125,5 miligram kolin, atau sekitar seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini