Sukses

4 Cara Sehat Masak Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah didapat, murah dan kaya dengan protein serta vitamin lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah didapat, murah dan kaya dengan protein serta vitamin lainnya. Tak dipungkiri dalam telur juga terdapat kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Meski begitu menurut literatur yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 mengungkap makan telur tidak terkait meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular.

Untuk memaksimalkan manfaat telur, metode memasak perlu diperhatikan. Nah, berikut empat cara yang sehat dalam mengolah telur mengutip Live Strong, Kamis (10/11/2016).

1. Merebus telur

Merebus telur tidak akan menambahkan lemak ke dalamnya. Sehingga dalam satu telur rebus, terdapat kandungan 5,3 gram lemak, 6 gram protein, 186 mg kolesterol, dan 78 kalori.

2. Scrambled egg

Biasanya scrambled egg diolah dengan menggunakan susu, tapi coba ganti dengan air. Sehingga olahan telur yang satu ini memiliki jumlah lemak, kolesterol, dan kalori seperti telur rebus.

Untuk menambah nilai gizi dalam scrambled egg masukkan juga bahan lain seperti lada, bawang putih, jamur, dan bayam baru telur di orak-arik.

3. Merebus tanpa cangkang

Merebus telur tanpa cangkang (poach egg) sering kita lakukan saat mengolah mi. Jadi setelah air panas, pecahkan cangkang telur lalu masukkan ke dalam air panas. Cukup dimasak beberapa menit, lalu angkat dan tiriskan. Memasak telur menggunakan metode ini bisa memiliki nutrisi yang mirip dengan telur rebus.

4. Menggoreng telur

Menggoreng telur dengan menambahkan minyak, butter, atau margarin bisa menambah lemak dan kalori. Sehingga lebih baik menggorengnya dilakukan menggunakan minyak semprot di atas wajan antilengket. Dengan cara ini tidak menambahkan jumlah lemak dan kalori dalam telur goreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.