Sukses

Waspadai, Gejala Kanker Payudara dari Perubahan Puting

Kini, para peneliti menemukan, sekitar satu dari enam kasus kanker payudara berasal dari gejala perubahan puting.

Liputan6.com, London, Inggris Penyebab kanker payudara tidak selalu ditandai dengan timbulnya benjolan di area payudara. Para peneliti menemukan, sekitar satu dari enam kasus kanker payudara berasal dari gejala perubahan puting.

Peneliti dari University College London, Inggris mengatakan, wanita harus menyadari tanda-tanda lainnya berupa perubahan puting agar para wanita mendapatkan penanganan medis secepatnya.

Para peneliti memeriksa gejala dari 2.300 wanita yang baru didiagnosis kanker payudara. Mereka menemukan adanya perubahan puting payudara serta pembengkakan pada ketiak atau infeksi pada jaringan payudara, menurut laporan studi peneliti pada konferensi National Cancer Research Institute di Liverpool.

Jika puting payudara mengalami perubahan, seperti ruam, perdarahan atau terdapat luka pada kulit payudara, Anda harus segera ke dokter.

"Penelitian ini menunjukkan, bagi wanita yang mengalami perubahan puting, jangan menunda pergi ke dokter. Mereka mungkin saja terkena gejala kanker payudara," kata Dr Karen Kennedy, Direktur National Cancer Research Institute, yang dikutip dari BBC News, Rabu (9/11/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda-tanda gejala kanker payudara

Tanda-tanda gejala kanker payudara

- Sebuah benjolan pada payudara, yang sebelumnya tidak ada  

- Perubahan ukuran atau bentuk payudara 

- Perdarahan salah satu puting  

- Terjadi pembengkakan berupa benjolan di salah satu ketiak

- Perubahan warna kulit payudara 

- Muncul ruam di puting atau sekitar puting

- Perubahan bentuk puting, yang lebih cekung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini