Sukses

8 Manfaat Hebat Terung yang Belum Diketahui

Semula terung dipahami banyak orang sebagai makanan yang tidak bergizi.

Liputan6.com, Jakarta Terung merupakan sayuran yang tumbuh liar di India. Namun sekarang, sayuran yang sejenis dengan paprika ini dapat ditemui di seluruh dunia. Semula, banyak yang menganggap terung adalah makanan yang tidak bergizi.

Namun, itu merupakan pemahaman yang salah. Terung dapat membantu Anda hidup sehat. Berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi terung, dilansir laman Care2, Rabu (9/11/2016).

1. Besi, kalsium, dan mineral lainnya di terung memasok nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Terung dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, panggang, atau rebus tetap lezat dan bergizi.

2. Dalam terung terkandung nutrisi nabati tertentu yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan otak. Tapi ingat, nutrisi terkonsentrasi pada kulit terung, jadi jangan dibuang saat memasak maupun mengonsumsinya.

3. Terung menyediakan serat yang dapat melindungi saluran pencernaan. Bahkan, rutin mengonsumsi terung dapat melindungi Anda dari kanker usus besar.

4. Buah ungu gelap ini rendah kalori, hanya 35 gram per cangkir. Tidak mengandung lemak dan kadar serat yang tinggi sehingga membantu Anda cepat kenyang.

5. Selama berabad-abad, terung telah digunakan untuk mengendalikan dan mengelola diabetes. Penelitian modern memvalidasi peran ini, semua karena serat tinggi dan rendah kandungan karbohidrat yang larut pada terung.

6. Terung juga memiliki peran dalam perawatan jantung. Studi penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat menurunkan kolesterol buruk. Tapi Anda harus memasaknya dengan cara yang benar untuk mendapatkan manfaatnya.

Terung goreng menyerap banyak lemak, sehingga berbahaya dan berat. Sebaliknya, panggang pada 400 derajat akan memberikan manfaat kesehatan yang baik.

7. Tinggi bioflavonoid yang terdapat pada terung bisa mengontrol tekanan darah tinggi, membatasi kolesterol serta meredakan stres.

8. Konsumsi secara teratur dapat membantu mencegah pembekuan darah. Vitamin K dan bioflavonoid yang terdapat pada terung juga memperkuat kapiler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.