Sukses

Ketahui Gejala Aneh yang Dirasakan Akibat Alergi Ikan

Alergi ikan tidak sama dengan alergi makanan laut.

Liputan6.com, Jakarta Alergi ikan tidak sama dengan alergi makanan laut. Bila makanan laut meliputi ikan (seperti tuna atau cod) dan kerang (seperti lobster atau kerang), maka orang yang alergi ikan biasanya hanya akan bereaksi bila mengonsumsi beberapa jenis ikan tetapi tidak yang lain.

Walaupun ada juga yang bereaksi ketika menyentuh ikan atau bahkan menghirup aromanya.

Apa yang terjadi pada anak yang alergi ikan? 

Seperti dimuat dalam Kids Health, dokter anak Jordan C. Smallwood, MD mengatakan, alergi ikan seperti halnya alergi lain yang bereaksi karena sistem kekebalan tubuhnya bekerja sangat keras untuk menangkis "penyerang".

Hal inilah yang menyebabkan pelepasan bahan kimia yang disebut histamin dan membuat seseorang memiliki gejala-gejala alergi ikan, seperti:

- mengi 
- kesulitan bernapas
- batuk
- suara serak
- sesak tenggorokan
- sakit perut
- muntah
- diare
- mata gatal, berair, atau bengkak
- gatal-gatal
- bintik-bintik merah
- pembengkakan

Dalam beberapa kasus juga alergi ikan menyebabkan penurunan tekanan darah, menyebabkan pusing atau kehilangan kesadaran.

Tips keselamatan Alergi ikan

Untuk mencegah reaksi alergi terhadap ikan, anak Anda tidak harus makan ikan. Anda juga perlu membaca label makanan untuk melihat apakah makanan mengandung bahan ikan. (Ikan dapat ditemukan di tempat-tempat tak terduga, seperti salad dressing tertentu atau saus barbeku, sehingga penting membaca label pada semua makanan.) 

Jangan sepelekan kontaminasi silang yang sering terjadi di dapur, terutama restoran. Hal ini bisa saja terjadi karena juru masak menggunakan permukaan yang sama, peralatan (seperti pisau, talenan, atau panci), atau minyak untuk mempersiapkan ikan dan makanan lainnya. Ketika makan di restoran, mungkin yang terbaik menghindari makanan yang digoreng.

Jika anak Anda akan makan di restoran, setidaknya ambil tindakan pencegahan berikut:

- Jauh anak dari uap atau kompor saat ikan sedang dimasak, karena protein ikan bisa dilepaskan dalam uap selama memasak.

- Beritahu pelayan restoran bahwa anak Anda memiliki alergi ikan serius.

- Jangan makan di restoran yang membuat Anda dan anak tidak nyaman karena permintaan Anda untuk makan yang aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini